Yuk, Turut Memeriahkan Festival Pesona Tambora 2016

Advertisement

Setelah sukses menggelar festival bertajuk Tambora Menyapa Dunia sebagai ajang memperingati 200 tahun erupsi dahsyat Gunung Tambora, kini Provinsi Nusa Tenggara Barat siap menggelar Festival Pesona Tambora yang akan berlangsung mulai tanggal 11-16 April 2016 mendatang.

Dilansir Travelingyuk dari situs resmi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, launching acara ini telah dilakukan pada tanggal 11 Januari 2016 oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Nusa Tenggara barat TGH. M. Zainul Soesilo Soedarman. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Sumbawa khususnya dan wilayah Nusa Tenggara Barat pada umumnya.

Pendakian gunung Tambora, via instagram
Pendakian gunung Tambora, via instagram

Penyelenggaraan Festival Pesona Tambora bukan hanya semata-mata ajang menarik perhatian wisatawan dan promosi saja namun juga sebagai bukti keseriusan pemerintah NTB dalam menindak lanjuti penetapan Tambora sebagai Taman Nasional oleh presiden pada tahun sebelumnya di acara Festival Tambora Menyapa Dunia.

Puncak perayaannya sendiri akan berlangsung tanggal 11-16 April 2016 sedangkan upacara pembukaan akan dimulai pada tanggal 9 April 2016 yang rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Seperti tahun sebelumnya, festival tahun ini akan mengambil lokasi di kabupaten Dompu dan kabupaten Bima, NTB.

Salah satu kegiatan dalam Festival Pesona Tambora, via instagram
Salah satu kegiatan dalam Festival Pesona Tambora, via instagram

Acara tahun ini akan dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan menarik diantaranya Tambora Running (Ultra Run 320 km & 100 km, Tambora Ultra 50 km & 25 km), Tambora Bike Event, Tambora Festival, Pulau Satonda (Tambora Literary dan Film Festival), pameran seni rupa, dan instalasi art-arche di Galeri Seni Satonda, dan Ritus Budaya Tamboraman. Video promosi festival ini bisa kamu lihat pada tayangan di bawah ini.

Nah, buat kamu yang belum punya rencana traveling mulai tanggal 11-14 April ada baiknya datang ke Sumbawa dan turut memeriahkan Festival Pesona Tambora. Ajak teman-teman yang lain, dan kibarkan nama NTB ke dunia sebagai destinasi wisata yang keren dari Indonesia.

Advertisement
Tags
Dompu festival Indonesia NTB Sumbawa
Share