Festival Mandeh, Pesta Rakyat Meriah di Sumatera Barat digelar Oktober Ini

Sumatera Barat adalah suguhan alam yang indahnya tetap terjaga hingga saat ini.  Tanah yang subur dengan budaya serta adat yang terwariskan turun-temurun, menjadikannya sebagai simbol kekayaan yang paripurna di bumi Nusantara. Dari sekian banyak tempat keren di provinsi yang beribu kota di Padang tersebut, jangan sampai kamu melewatkan untuk mengunjungi Kabupaten Pesisir Selatan, terutama pada akhir Oktober mendatang.

Karena pada saat itu rencananya akan digelar sebuah pesta rakyat meriah yaitu Festival Mandeh, merujuk pada gugusan pulau di pesisir Sumatera Barat. Berbagai acara seru sangat menarik untuk kamu tonton, agar kamu semakin yakin, coba simak beberapa ulasan berikut ini.

1. Keindahan Mandeh

Wisata Mandeh [image source]
Wisata Mandeh [image source]

Ada beberapa pulau di pesisir Sumatera Barat yang indah-indah, Beberapa di antaranya ada di Mandeh, bagian dari wilayah kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Lebih tepatnya membentang seluas 18 hektare di Teluk Curocok. Untuk sampai di sini, kamu nggak perlu melakukan perjalanan jauh-jauh, karena Kabupaten Pesisir Selatan itu bersebelahan langsung dengan Kota Padang.

Wisata Mandeh [image source]
Wisata Mandeh [image source]

Beberapa pulau yang menyuguhkan pemandangan keren di Mandeh adalah Pulau Traju, Pulau Setan Besar dan Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, dan Pulau Cubadak. Di Teluk Curocok inilah magnet yang menjadi daya tarik kuat bagi wisatawan untuk mengunjungi Mandeh berad. Kabarnya ada sekitar 8 ribu pengunjung setiap harinya yang melakukan berbagai kegiatan wisata menjelajahi jengkal demi jengkal surga alam di Sumatera Barat itu.

2. Kerja sama Kementrian Pariwisata dengan Dukungan Berbagai Kalangan

Wisata Mandeh [image source]
Wisata Mandeh [image source]

Mandeh dianggap sebagai kawasan yang sangat potensial sekali sebagai destinasi wisata yang memadukan keindahan pegunungan dan bahari. Semua sadar, sebagus apapun tempatnya, tapi jika tidak diketahui banyak orang ya percuma. Itulah mengapa pemerintah sangat antusias mengadakan kegiatan yang bisa dijadikan sebagai ajang promosi daerah Mandeh tidak hanya dalam skala nasional, tapi juga internasional. Hal itu disampaikan langsung oleh Rasenoa Arya yaitu Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata. “Sektor pariwisata perlu promosi yang maksimal sehingga perlu promosi hingga ke level Internasional,” ujar Raseno beberapa waktu yang lalu dikutip dari berbagai sumber.

Wisata Mandeh [image source]
Wisata Mandeh [image source]

Menggapai niatan baik tersebut Bupati Pesisir Selatan yaitu Hendra Joni menyambut baik dengan harapan kawasan wisata Mandeh semakin terkenal dan jumlah kunjungan wisatawannya meningkat. ” Hal ini sangat bagus dan kami menyambut baik niat ini karena pemerintah daerah mencita-citakan sektor pariwisata sebagai penopang ekonomi masyarakat,” kata Hendra. Dengan adanya kerjasama banyak pihak, maka menjadikan mandeh sebagai permata di pesisir Sumatera barat bukanlah hal yang sulit.

3. Festival Mandeh Sebagai Pesta Rakyat

Wisata Mandeh [image source]
Wisata Mandeh [image source]

Layaknya festival pada umumnya, maka kamu akan menemukan berbagai kegiatan dan pertunjukan seru. Dalam beberapa hari, Mandeh akan dipenuhi oleh para pengunjung yang ingin melihat langsung keramaian festival. Rencananya, Festival Mandeh akan digelar pada 27 hingga 30 Oktober. Melibatkan berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Pesisir, khususnya daerah Mandeh. Sebenarnya, acara dibagi menjadi dua yaitu pra-festival dan kegiatan puncak antara 27 hingga 30 Oktober itu.

Wisata Mandeh [image source]
Wisata Mandeh [image source]

Beberapa bulan sebelum festival diadakan berbagai pertandingan seperti lomba desa wisata, lomba pegiat pariwisata, lomba destinasi dan kegiatan persiapan lainnya. Kamu bisa menyaksikan aktivitas warga dalam memeriahkan Festival Mandeh.  Setelah sukses dengan pra-festival, harapannya acara puncaknya bisa lebih membahana lagi karena terdapat lomba yang bergengsi. Sebut saja festival rakyat, Mandeh Joy Sailing, Parade Kapal Pesiar, Lomba Nemo Mandeh, trabas, jet ski, paralayang dan beberapa kegiatan lainnya.

Itulah beberapa hal menarik tentang Festival Mandeh. Karena sudah dekat waktunya, yuk segera rencanakan perjalanan ke sana.

  Next