Festival Budaya di Yogyakarta yang Jangan Sampai Kamu Lewatkan

Bicara soal ngetrip ke Yogyakarta, yang ada di benak kita jelas tentang berkunjung ke tempat-tempat asyik atau mungkin mencoba sederet makanan laziz yang ikonik sama Yogya. Nggak ada yang salah sih, tapi kota sang Sultan ini tentu nggak hanya berisi itu-itu saja. Ada begitu banyak hal menarik lain yang bisa kamu dapatkan di sini.

Yogyakarta adalah daerah yang kulturnya kental banget. Jadi? Ya, inilah sajian utama yang sebenarnya harus dinikmati dan sayangnya banyak orang yang nggak notice. Budaya adalah rohnya Yogya, maka sayang banget kalau ke sini tanpa menikmatinya. Nah, kalau bicara menikmati budaya di Yogya, kamu nggak perlu bingung karena ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah lewat festival-festival keren yang ada di sini.

Yup, Yogyakarta punya deretan festival budaya yang unik dan menarik serta akan memuaskan dahaga penasaranmu akan kultur di sini. Lalu, festival macam apa sih yang bisa didapatkan di sini? Here we go!

Menikmati Yogya Kecil Lewat Festival Kesenian Yogyakarta

Percaya nggak kalau kita sebenarnya bisa lho menyusuri seluruh Yogya hanya dalam beberapa hari saja. Caranya adalah dengan berada di acara unik bernama Festival Kesenian Yogyakarta. Event tahunan ini menampilkan apa yang dipunyai oleh Yogya. Mulai dari kesenian, makanan, dan hal-hal lain yang identik dengan Yogya.

Festival Kesenian Yogyakarta [Image Source]
Festival Kesenian Yogyakarta [Image Source]
Di acara ini kita nggak hanya bakal dikenalkan tapi mencoba menyelami sendiri lebih dalam soal budaya Yogya. Ada banyak stand di mana kita bisa melakukan banyak hal. Yang ngakunya suka Yogya pasti bakal betah di sini. Festival Kesenian Yogyakarta sendiri biasanya diadakan di awal tahun.

Sekaten, Menikmati Indahnya Akulturasi Budaya dan Islam

Selain Festival Kesenian Yogyakarta, event budaya yang juga begitu ikonik dengan daerah ini adalah Sekaten. Sekaten sendiri adalah semacam acara untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad. Meskipun demikian, festival satu ini juga tetap menampilkan kultur ala Yogya kok.

Sekaten [Image Source]
Sekaten [Image Source]
Prosesinya dilakukan dengan melakukan iring-iringan oleh para Abdi Dalem. Lalu kemudian dilanjut dengan memainkan dua gamelan sakral bernama Kyai Nogowilogo dan Kyai Gunturmadu. Nggak hanya itu saja, ada juga arak-arakan berupa hasil panen yang disusun menjadi gunungan menarik. Acara ini dilakukan pada awal bulan Mulud atau Rabiul Awal dalam kalender Hijriah.

Ngayogjazz, Festival Musik Unik yang Yogya Banget

Meskipun tajuknya adalah acara musik jazz, tapi Ngayogjazz jelas nggak melupakan kultur Yogya. Malah Yogya sendiri adalah pembeda acara ini dari pagelaran jazz lainnya. Di sini kita bisa menikmati keindahan musik jazz yang berbalut dengan nuansa etnik Yogya. Nggak hanya di musik-musiknya, tapi juga venue-nya sendiri.

Ngayogjazz [Image Source]
Ngayogjazz [Image Source]
Ya, panggung Ngayogjazz ini seringnya berpindah-pindah dari desa ke desa. Makanya, tiap tahun pengalaman yang ditawarkan juga beda. Nggak hanya musik dan panggung unik, di acara ini kita juga bisa menikmati kuliner-kuliner atau membeli souvenir yang biasa diproduksi masyarakat sekitar. Acara ini biasanya diadakan menjelang akhir tahun.

Menikmati Yogyakarta di Masa Lampau ala Festival Pasar Kangen

Penasaran dengan bagaimana Yogyakarta di masa lalu? Kalau iya kamu jelas nggak boleh melewatkan event yang bernama Pasar Kangen. Alasannya nggak lain karena di sini kamu bakal ditawari hal-hal jadul soal Yogyakarta. Apa pun itu, mulai dari makanan sampai kesenian.

Pertunjukan seni ala Pasar Kangen [Image Source]
Pertunjukan seni ala Pasar Kangen [Image Source]
Di sini kamu bakal benar-benar disuguhi nuansa dan hal-hal menarik soal kota sang sultan di masa lalu. Entah lewat potret-potret yang terpampang di sana, atau deretan stand-stand yang menawarkan sesuatu khas Yogya tempo dulu. Kalau kamu pengen pengetahuan Yogya-mu meningkat drastis. Maka di sinilah tempatnya. Oh iya, acara ini biasanya diadakan di bulan Agustus.

Festival Gamelan Yogyakarta, Tempat Pas Menikmati Syahdunya Gamelan

Satu lagi festival budaya di Yogyakarta yang haram hukumnya untuk dilewatkan. Acara ini bernama Festival Gamelan Yogyakarta. Seperti namanya, festival ini suguhan utamanya adalah musik-musik gamelan. Jadi, siap-siap bakal dihujani dengan banyaknya perform uniknya.

Festival Gamelan Yogyakarta [Image Source]
Festival Gamelan Yogyakarta [Image Source]
Hal yang unik soal festival ini adalah para performer-nya. Kamu nggak hanya akan menikmati pertunjukan yang dibawakan oleh musisi gamelan lokal, tapi juga para warga asing. Hebatnya nih, rata-rata mereka memainkannya dengan oke banget. Bahkan ketika dikolaborasi, malah nggak kelihatan mana yang bule atau lokal. Semua suara menyatu dalam satu harmoni gamelan yang indah luar biasa. Acara ini biasanya diadakan di bulan Juli. Jangan sampai dilewatkan.

Fix ya, sekarang kalau ke Yogyakarta jangan hanya melakukan hal-hal yang sudah mainstream saja. Tapi sempatkan juga untuk terjun langsung ke dalam hype-nya festival-festival budaya keren yang ada di sana. Akan jadi pengalaman tersendiri deh dan beda dari biasanya. Next