Festival Budaya di Medan yang Dijamin Tak Ada di Tempat Lain

Nggak salah memang kalau menjadikan Medan sebagai kota destinasi wisata. Pasalnya, di sini kita bakal disuguhi begitu banyak hal. Nggak cuma bangunan atau tempat-tempat wisata unggulan, tapi juga hal-hal yang berhubungan dengan kultur di sana. Soal kultur, hal ini bisa dibilang sebagai sajian utama alias main course ketika kita ke Medan. Pergi ke tanah Batak tapi nggak menikmati budayanya ibaratnya seperti makan bakso tapi nggak pakai pentol. Jadinya kurang afdol.

Tentu ada banyak cara untuk kita menikmati kebudayaan unik mereka. Salah satunya lewat event-event festival budaya yang ada di sana. Medan punya banyak acara tahunan menarik yang mengemas budaya setempat dengan sangat unik serta mewadahi hampir semua segmen kulturnya. Asyik dan bikin pengetahuan Medan-mu makin dalam.

Lalu event-event menarik apa saja yang ada di kota Bika Ambon ini? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

Festival Danau Toba, Uniknya Pentas Budaya Batak yang Dikemas Kekinian

Acara tahunan satu ini bisa dibilang sebagai andalan pemerintah setempat untuk menarik wisatawan. Kenapa acara ini dijagokan tak lain karena di dalamnya berisi banyak hal yang pasti dijamin bakal disukai oleh semua generasi. Acara ini juga jelas menampilkan sisi kultur Sumatera Utara namun dikemas lebih fun dan atraktif.

Festival Danau Toba [Image Source]
Festival Danau Toba [Image Source]
Acara ini terdiri dari lomba-lomba unik dan sangat variatif. Mulai dari yang bertema sport sampai yang bersinggungan dengan budaya. Nggak hanya itu, di festival ini kita juga bisa menikmati tarian-tarian khas masyarakat Batak yang unik itu. Dan satu lagi, kita juga melihat Patung Sigale-Gale yang pasti bakal bikin kamu melongo.

Pekan Raya Sumatera Utara, Acara Budaya yang Dikemas Futuristik

Jika kebetulan lagi pengen liburan ke Medan, ada baiknya cocokkan jadwalnya dengan tanggal pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara. Alasannya nggak lain biar kamu bisa menikmati acara yang luar biasa seru ini. Pekan Raya Sumatera Utara secara umum menampilkan etnik Batak, tapi kemasaannya sangat modern.

Pekan Raya Sumatera Utara [Image Source]
Pekan Raya Sumatera Utara [Image Source]
Ya, acara ini nggak hanya menampilkan kultur-kultur khas Sumatera Utara tapi juga bejibun kegiatan unik lainnya. Mulai dari musik yang biasanya diisi musisi-musisi Jakarta, pameran elektronik, sampai kontes modifikasi. Acara ini bisa dibilang mencakup semua hal. Nggak cuma menonjolkan sisi etnik tapi juga hal-hal berbau modernitas. Keren banget!

Menikmati Uniknya Batak Lewat Festival Budaya Gondang Naposo

Berbeda dengan dua event di atas di mana kemasannya sangat universal, etnik dan kekinian, acara bernama Festival Budaya Gondang Naposo ini pure menampilkan kultur Batak. Jadi, buat kamu yang pengen tahu lebih dalam tentang budaya orang sana, maka festival Gondang Naposo ini adalah pilihan terbaik.

Festival Budaya Gondang Naposo [Image Source]
Festival Budaya Gondang Naposo [Image Source]
Festival ini menyajikan hampir semua produk budaya yang dimiliki Batak. Nggak hanya musik tradisional saja, ada juga tari-tarian yang jumlahnya sangat banyak. Meskipun kental dengan budaya, acara ini justru banyak didatangi muda-mudi. Selain menikmati budayanya, acara ini juga bisa dimanfaatkan untuk berkenalan dengan mereka. Siapa tahu jodoh.

Memuja Kekayaan Budaya Indonesia Melalui Pagelaran Seni Budaya Multi Etnis

Festival satu ini juga nggak boleh dilewatkan bagi kamu yang ingin tahu lebih dalam soal kultur orang Batak. Pada Pagelaran Seni Budaya Multi Etnis ini bakal ditampilkan tari-tarian khas tanah Bika Ambon. Uniknya, di acara ini kamu nggak hanya akan menikmati kultur Batak saja, tapi seluruh Indonesia.

Pagelaran Seni Budaya Multi Etnis [Image Source]
Pagelaran Seni Budaya Multi Etnis [Image Source]
Ya, seperti namanya, acara ini secara umum memang menampilkan kebudayaan dari semua daerah yang ada di Indonesia mulai ujung ke ujung. Masing-masing akan menampilkan tari-tarian khasnya lengkap dengan baju adat yang khas dan unik itu. Menikmati acara ini ibaratnya seperti kita mengunjungi seluruh daerah di Indonesia namun hanya dalam waktu yang singkat saja.

Uniknya Medan Melayu Fashion Day yang Akan Membuatmu Terpikat

Nggak hanya musik dan tarian, hal yang unik soal Batak juga adalah tentang pakaian adat mereka. Dan bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh tentang itu, boleh tuh mengunjungi event yang bernama Medan Melayu Fashion Day. Di sini nggak hanya bakal ditampilkan busana-busana khas Batak, tapi juga pakaian-pakaian Melayu, sesuai dengan tajuk event-nya.

Medan Melayu Fashion Day [Image Source]
Medan Melayu Fashion Day [Image Source]
Acara ini akan menampilkan fashion dan tekstil ala Medan dan orang-orang Melayu-nya. Unik dan menarik tentu saja karena kita bakal tahu kalau busana-busana mereka itu berciri khas dan punya filosofi sendiri. Bagi yang suka mendesain baju-baju, jelas banget akan terinspirasi setelah menonton festival ini.

Mantep nih, sekarang kalau ke Medan kita nggak harus pergi ke tempat-tempat khasnya, tapi juga bisa menikmati deretan festival unik di atas. Setelah tahu ini, dijamin pengalaman ke Medan nggak bakal pernah sama lagi. Yang jelas bakal lebih berkesan! Next