Es Gempol, Kuliner Asli Jawa Tengah yang Mulai Punah

Advertisement

Kini, jajanan tradisional mulai ditinggalkan oleh para penggemarnya. Tidak heran jika banyak kuliner enak susah ditemukan. Salah satunya adalah Es Gempol, minuman khas Jawa Tengah yang terdiri dari adonan tepung beras berbentuk bulat, gula pasir atau jawa serta santan cair. Nah, kamu yang sudah rindu dengan es gempol, coba saja mampir ke Semarang. Masih ada kedai serta pedagang kaki lima yang menjual minuman satu ini.

Es Gempol Pak Gendut

es gempol pak gendut semarang
es gempol pak gendut semarang [image source]
Panas-panas memang paling cocok meminum es. Salah satu kedai yang bisa kamu kunjungi adalah Es Gempol Pleret Pak Gendut yang berada di Jl. Simongan, Semarang Barat. Warung yang berjarak 1 km dari Klenteng Sam Poo Kong ini menawarkan semangkuk gempol dengan gula bubuk yang manis dan menyegarkan. Nah, agar tidak kehabisan, lebih untuk datang sekitar jam 10.00. Pasalnya, setelah jam 13.00, tempat ini sudah tutup.

es gempol pak gendut
es gempol pak gendut [image source]
Nama : Es Gempol Pleret Pak Gendut
Alamat : Jl. Simongan, Semarang Barat
Harga : Rp6.000,-
Jam Buka : 10.00-13.00

Es Gempol Pasar Gang Baru

es gempol pasar gang baru semarang
es gempol pasar gang baru semarang [image source]
Selain di sekitar Klenteng Sam Poo Kong, kamu juga bisa menjajal es gempol di kawasan Pasar Gang Baru. Minuman ini dijual oleh seorang pedagang kaki lima yang tidak pernah sepi oleh para pembeli. Selain es gempol, di sini juga tersedia banyak kuliner enak dan mengenyangkan seperti gudeg koyor, pecel semanggi hingga sate keong. Semua enak dan aman di kantong. Nah, tertarik untuk wisata kuliner di Pasar Gang Baru?

es gempol pasar gang baru
es gempol pasar gang baru [image source]
Nama : Es Gempol Pasar Gang Bang Baru
Alamat : Gang Baru, Kranggan, Semarang Tengah, Kranggan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Harga : +/- Rp5.000,-
Jam Buka : 04.00-11.00

Es Gempol Pasar Johar

Es Gempol Pasar Johar
Es Gempol Pasar Johar [image source]
Semangkuk minuman segar yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Semarang adalah Es Gempol Pasar Johar. Seperti di tempat lain, semangkuk es dingin ini hanya dibandrol dengan harga Rp.6000,-. Perpaduan gempol (bulatan berwarna putih), pleret (bentuknya pipih dan berwarna merah muda), serta gula begitu terasa sejak sendokan pertama. Siapapun yang pernah menjajal kudapan satu ini pasti ketagihan.

Ilustrasi Es Gempol Pasar Johar
Ilustrasi Es Gempol Pasar Johar [image source]
Nama : Es Gempol Pasar Johar
Alamat : Jl. K.H. Agus Salim, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Harga : Rp6.000,-
Jam buka: 07.00–habis

Es Gempol Pucang Gading

Es Gempol Pucang Gading Semarang
Es Gempol Pucang Gading Semarang [image source]
Di sekitar Pucang Gading ternyata ada satu lagi penjual es gempol yang laris manis. Tempat yang menjual racikan gempol/pleret, santan, serta gula yang menggoda ini berada di depan penjual air isi ulang Biru Pucang Gading. Kamu pun bisa langsung tahu karena kedainya berada di tepi jalan raya. Soal rasa, tentu saja kuliner Semarang ini tidak kalah enak dari yang lain. Apalagi dengan es yang manisnya pas di lidah.

Es Gempol Pucang Gading
Es Gempol Pucang Gading [image source]
Alamat : Depan Isi Ulang Biru Pucang Gading
Harga : mulai dari Rp3.500,-

Selain Semarang, di Solo juga masih ada penjual yang menyediakan minuman tradisional satu ini. Tentu saja jumlahnya tidak banyak. Nah, bagaimana dengan kotamu? Masih ada tidak, pedagang yang menjual es gempol?

Advertisement
Tags
kuliner kuliner Semarang wisata semarang
Share