Es Ciming, Es Asli Purwakarta dengan Rasa Istimewa

Advertisement

Setiap daerah pasti memiliki sajian es yang menjadi kuliner khasnya. Pernah dengan tentang es krim Oen di Malang, bukan? Atau Es Tentrem yang legendaris asli Solo? Nah, kuliner Purwakarta ternyata juga punya minuman dingin andalan dan masih tetap ramai diburu meski sudah banyak kafe-kafe kekinian yang menawarkan kuliner modern. Di mana sih?

Es Ciming, Sederhana Namun Segar Luar Biasa

Es Ciming di Purwakarta
Es Ciming di Purwakarta [image source]
Es campur legendaris ini dijual oleh pria Tionghoa, Ko Ciming. Warungnya pun dikenal dengan nama yang sama. Mungkin sepintas tampak biasa, namun bisa dijamin rasa es di sini sangat mantap dan ngangenin. Yang paling menggoda dari es campur Ko Ciming adalah tumpukan esnya yang menggunung. Duh, belum disruput saja sudah bikin segar.

Segarnya Es Ciming Purwakarta
Segarnya Es Ciming Purwakarta [image source]

Resep Turun Temurun

Es Ciming Purwakarta
Es Ciming Purwakarta [image source]
Kini, sudah banyak minuman modern yang menyegarkan. Sebut saja gelato dengan berbagai rasa, atau milkshake warna-warni yang menggugah selera. Meski begitu, Es Ciming Purwakarta masih mempunyai pelanggan setia. Di bulan puasa seperti ini, kedainya  semakin ramai dikunjungi pelanggan yang ingin berbuka puasa dengan kesegara resep turun temurun. Saat Ramadan, disediakan es dalam bentuk beku agar bisa dibawa pulang dan tetap nikmat saat disantap di rumah.

Es ciming, legendaris Purwakarta
Es ciming, legendaris Purwakarta [image source]

Bukan Es Campur Biasa

Es Ciming
Es Ciming [image source]
Es campur racikan warung Ciming ini bukan seperti kuliner kebanyakan. Ada campuran rahasia di dalamnya yaitu cendol buatan sendiri. Sirup dan juga susu kental manisnya sangat pas dan menyatu menjadi kesatuan yang super nikmat di tenggorokan. Juga  tersedia batagor hingga pempek untuk menemani hidangan esmu. Tenang saja, makan dan minum di sini tidak akan membuatmu miskin mendadak. Semangkok Es Ciming hanya dibandrol mulai 11 ribu rupiah.

Warung-Es-Ciming [image source]

Sate Maranggi Purwakarta

Sate Maranggi
Sate Maranggi [image source]
Tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner Purwakarta yang lainnya. Berjarak 9 menit berkendara dari Es Ciming, ada Sate Maranggi enak, tepatnya di Jalan Kapten Halim. Menu ini memang salah satu makanan khas Jawa Barat yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Apalagi, kamu juga bisa menikmati berbagai ikan bakar. Cicipi juga sop kambingnya yang enak banget. Duh, laper lagi, deh.

Sate Maranggi Purwakarta
Sate Maranggi Purwakarta [image source]

Surabi Enak

Surabi Kedai Koka
Surabi Kedai Koka [image source]
Selain Sate Maranggi, Purwakarta juga punya cemilan enak yang pas dinikmati sore-sore bersama dengan sahabat-sahabat kesayangan. Di Kedai Koka yang terletak di Jalan Taman Pahlawan, hanya 10 menit berkendara dari Jalan Kapten Halim, kamu bisa menemukan surabi enak. Rasanya beragam, kamu bisa memilih sesuai selera. Enak, dan harganya pun ramah di kantong.

Surabi di Kedai Koka Purwakarta
Surabi di Kedai Koka Purwakarta [image source]
Es Ciming Purwakarta

Lokasi: Jalan Soedirman, No. 117 Purwakarta

Wah, jadi penasaran dan ingin coba sendiri kesegaran Es Ciming ini, ya. Boleh juga sambil ngabuburit di objek wisata Purwakarta pulangnya bawa Surabi. Bagaimana, ada yang sudah coba?

Advertisement
Tags
kuliner kuliner purwakarta Ramadan
Share