Tak Ingin Agenda Diving Gagal? Ini Tips Agar Tubuh Tetap Sehat

Advertisement

Keindahan bawah laut Indonesia memang menakjubkan. Buktinya, banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk diving ke beberapa pulau seperti Kepulauan Gili, Raja Ampat hingga Derawan. Bagi kamu yang masih pemula, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menjelajah alam. Salah satunya mempersiapkan tubuh tetap sehat. Nah, lalu seperti apa sih tips agar agenda diving tak gagal gara-gara sakit? Berikut tipsnya!

Olahraga Rutin Serta Menjaga Berat Badan

Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur [image source]
Salah satu yang perlu diperhatikan sebelum diving adalah melakukan pemeriksaan kesehatan. Pastikan jika tubuhmu dalam keadaan fit. Salah satu cara agar tubuh tetap sehat adalah dengan olahraga rutin seperti lari pagi. Olahraga ini juga dapat menjaga berat badan tetap stabil sehingga saat menyelam tidak disulitkan untuk bergerak.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat
Makanan tinggi serat [image source]
Tak hanya penyakit dalam, flu saja ternyata dapat membuatmu gagal diving. Bahkan, jika seseorang memaksakan diving saat flu bakal merasakan sakit di bagian telinga, vertigo hingga mimisan. Hal ini tidak lain karena saluran hidung tidak bisa mendorong udara ke bagian telinga. Nah, untuk menghindari terkena flu, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan tinggi serat mulai dari buah dan juga sayuran.

Tidur Tepat Waktu

Scuba Diving
Scuba Diving [image source]
Karena asyik liburan, beberapa wisatawan sering begadang demi tidak ingin kehilangan momen seru. Sayangnya, hal tersebut malah berakibat buruk kepada kondisi tubuh mereka. Semakin tidak teratur jadwal tidurnya, maka semakin buruk pula kesehatan. Nah, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk istirahat tepat waktu.

Tidak Minum Alkohol

Jelajah alam bawah laut Indonesia
Jelajah alam bawah laut Indonesia [image source]
Selain hidup sehat, ada catatan saat berencana menikmati keindahan alam bawah laut Indonesia. Jangan pernah melakukan diving setelah minum alkohol. Hal ini karena tubuh akan mengalami dehidrasi saat berada di bawah laut. Bisa jadi, kamu bakal kehilangan kesadaran. Nah, ada baiknya untuk meminum banyak air putih yang lebih sehat dan makin membuat tubuh tetap prima.

Perlu diingat, sebelum diving pasti akan ada tahap cek kesehatan. Jangan sampai untuk memberikan pernyataan palsu agar agenda divingmu tidak gagal. Tidak ingin kan rencana abadikan foto bawah laut gagal hanya karena sakit flu atau batuk?

Advertisement
Tags
kesehatan tips traveling
Share