Trunyan, Desa Mistis di Bali yang Terkenal dengan Pemakaman Uniknya

Advertisement

Pulau Dewata memang surga untuk liburan. Bukan hanya garis pantai yang indah, di sana pula terdapat beragam tempat wisata Bali  yang keren dan sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Desa Trunyan, sebuah kawasan yang hingga kini mampu menarik perhatian wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Lalu apa sih keunikannya?

1. Trunyan merupakan salah satu desa yang berada di daerah Kintamani. Destinasi satu ini terkenal akan tradisi pemakaman yang unik.

Pemakaman Unik di Indonesia
Pemakaman Unik di Indonesia [image source]

2. Biasanya pemakaman selalu identik dengan peti atau kain kafan, tapi tidak begitu di Trunyan. Mayat hanya diletakkan begitu saja di atas tanah.

Pemakaman Tanpa dikubur
Pemakaman Tanpa dikubur [image source]

3. Bukan sembarang tanah, warga Trunyan meletakkan mayat di bawah sebuah pohon yang sudah bertahun-tahun tumbuh di sana.

Dikubur Secara Terbuka di Bawah Pohon
Dikubur Secara Terbuka di Bawah Pohon [image source]

4. Kerabat dari orang-orang mati cukup menyiapkan bambu sebagai pagar di samping makamnya. Nampak sederhana tidak seperti pemakaman di tempat lain.

Hanya diberi pagar dari bambu
Hanya diberi pagar dari bambu [image source]

5. Selain dipagari dengan bambu ukuran satu meteran, juga ada sesaji yang di letakkan persis di dekat area makam.

Sesajen di sebelah pemakaman
Sesajen di sebelah pemakaman [image source]

6. Kendati dibiarkan terbuka tanpa tertimbun tanah, mayat yang ada di makam Trunyan ini tidak menimbulkan bau busuk. Malah bau harum yang tercium.

Tidak Meninggalkan Bau Busuk
Tidak Meninggalkan Bau Busuk [image source]

7. Usut punya usut, bau harum tersebut berasal dari pohon besar bernama Taru Menyan yang berada di tengah makam. Warga sekitar pun percaya jika akar dari pohon ini yang menyerap bau busuk dari mayat.

Bau Wangi Dari Pohon di Pemakaman
Bau Wangi Dari Pohon di Pemakaman [image source]

8. Beberapa mayat yang sudah menjadi tulang belulang dikumpulkan menjadi satu. Hal ini agar mayat yang baru dapat diletakkan di sebelah pohon Taru Menyan.

Tulang Belulung yang Diletakkan di Akar
Tulang Belulung yang Diletakkan di Akar [image source]

9. Tidak semua orang mati bisa diletakkan di makam ini. Tentu saja ada persyaratannya, mulai dari status hingga kematian yang wajar atau tidak.

Pemakaman di Trunyan
Pemakaman di Trunyan [image source]

10. Trunyan juga memiliki hal lain yang tak kalah menarik. Yaitu Barong Brutuk, sebuah gerakan tari dengan mengenakan kostum seram seperti di bawah ini. Pernah melihat di tempat lain?

Barong Brutuk
Barong Brutuk [image source]
Nama : Desa Trunyan
Alamat : Terunyan, Kintamani, Bangli, Bali

Hawa mistisnya memang kental. Karena itu pula banyak sekali wisatawan yang  belum percaya jika tidak melihat secara langsung. Nah, bagaimana dengan kamu, tertarik untuk berkunjung ke Desa Trunyan.

Advertisement
Tags
Bali desa Indonesia Kintamani mistis Terunyan
Share