Danau Paling Jernih di Indonesia, Keindahan yang Nampak Sampai ke Dasarnya

Advertisement

Jika ingin melihat paduan dari gradasi warna di perairan, mungkin kebanyakan orang akan memilih pantai seperti Derawan atau Raja Ampat. Memang tempat itu keren-keren. Namun warna-warni alam tidak hanya terpampang di lautan saja. Terdapat danau-danau dengan kriteria seperti itu. Airnya begitu jernih, sampai-sampai kamu bisa melihat bagian dasarnya.

Beberapa bahkan memiliki air terjun di salah satu sudutnya, membuat keindahannya jadi semakin lengkap. Berikut ini Travelingyuk telah mengumpulkan beberapa nama danau berair jernih lengkap dengan penjelasannya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Lubuk Paruku
Lubuk Paruku [image source]
Lubuk Paruku [image source]

Jika kamu melihat perairan Lubuk Paruku dari kejauhan, akan nampak gradasi warna yang cantik antara hijau dan biru. Kemudian bebatuan alam juga menjadi tepian dan pelindung dari terjangan akar-akar pepohonan di dalam tanah sekitarnya. Sempatkanlah mampir ke tempat ini untuk menikmati kesegaran air sungai. Posisinya dekat dengan jalur yang menghubungkan Padang dan Solok, tepatnya di Sitinjau Lauik.

2. Lubuk Minturun
Lubuk Minturun [image source]
Lubuk Minturun [image source]

Masih di Sumatera Barat, kali ini ada Lubuk Minturun. Pemandian yang airnya langsung berasal dari gunung tanpa menggunakan bahan-bahan kimia untuk menjernihkan air dan lain sebagainya. Namanya memang belum terkenal, sehingga pengunjungnya tidak terlalu banyak. Namun, hal itu menjadikan kealamian Lubuk yang beralamat di Kecamatan Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat itu tetap terjaga.

3. Danau Air Terjun Talago
Air Terjun Tolago [image source]
Air Terjun Tolago [image source]

Di tempat ini kamu akan disuguhi banyak hal. Ada hutan belantara di sekelilingnya, air terjun yang mengalir deras dan perairan di dasarnya terhampar luas. Jika tidak hujan dan cuacanya cerah, terpaan sinar matahari akan menyorot bahkan sampai dasar perairannya. Alhasil, batu-batu kecil bahkan juga ikan-ikan kecil akan terlihat cantik. Karena letaknya masih jauh dari kota, yaitu di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, maka siapkan fisik dan perbekalan untuk melakukan perjalanan melintasi alam.

4. Lubuk Bonta

Lubuk Bonta [image source]
Lubuk Bonta [image source]
Tak jauh dari Air Terjun Talago terdapat Lubuk Bonta, tepatnya di Kapalo Hilalang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Ada air terjun yang mengalir tipis-tipis bagai satu untaian sutra putih yang halus. Hal itu membuat danau di bawahnya memiliki aliran yang tenang dan tidak terlalu dalam. Kamu wajib berenang, karena airnya begitu bersih dan jernih. Lumut-lumut hijau dan ikan adalah bonus yang akan memanjakan matamu.

5. Pemandian Tirta Alami
Pemandian Tirta Alami [image source]
Pemandian Tirta Alami [image source]

Daripada tempat lainnya, Tirta Alami jauh lebih terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Meski begitu, kebersihannya masih tetap terjaga.Tempat ini memiliki area kolam yang cukup luas, jadi nggak usah khawatir tidak kebaikan tempat berdendam dan mengenalkan kulitmu pada kesegaran tiada duanya. Untuk membuktikannya, datang saja langsung ke lokasi Tirta Alami di Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Padang Periaman.

6. Ranu Kombolo
Ranu Kumbolo [image source]
Ranu Kumbolo [image source]

Kamu bisa melihat panorama Danau Ranu Kombolo saat melakukan pendakian menuju Gunung Semeru. Letaknya berada di pegunungan, menawarkan kesegaran udara dan bukit-bukit yang mengitarinya. Waktu yang paling pas untuk menyingkap keindahan Ranu Kumbolo adalah saat matahari terbit. Cahaya merah akan membias di permukaan danau dan mempertegas suluet dari bukit dan pepohonan.

7. Segara Anakan Pulau Sempu
Segara Anakan [image source]
Segara Anakan [image source]

Letaknya berada di lepas pantai Kabupaten Malang, jadi untuk menuju ke Pulau Sempu kamu harus menyewa perahu nelayan terlebih dahulu. Namun sebelumnya, lakukan perjalanan menuju dermaga Pantai Sendang Biru. Sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Malang. Di tengah-tengah pulau terdapat danau yang terbentuk dari resapan air laut. Di sini kamu tidak akan menemukan ombak dan kondisi airnya pun jernih.

8. Danau Labuan Cermin
Labuan Cermin [image source]
Labuan Cermin [image source]

Inilah sang primadona yang diidam-idamkan olah para traveler, tidak hanya orang Indonesia tapi juga turis mancanegara. Seperti namanya, air di danau ini begitu jernih sebening cermin. Selain itu, warnanya yang kebiruan mengingatkan kita pada lautan yang menenangkan. Danau yang berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur itu memiliki kedalaman 3 meter. Jadi kalau kamu nggak bisa berenang lebih baik memakai pelampung ya!

9. Danau Kaco
Danau Kaco [image source]
Danau Kaco [image source]

Sebenarnya tidak terlalu luas, namun airnya yang jernih konon bisa memancarkan cahaya saat malam hari, keren kan? Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Kerinci. Bukan hanya itu terdapat pohon-pohon tumbang yang jatuh ke dalam danau. Saking jernih airnya, kamu bisa melihat batang pohon itu.

Itulah beberapa danau keren di Indonesia, kejernihannya begitu mengundang bukan? Apakah kamu sudah pernah mengunjungi salah satunya? Yuk, bagikan pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini.

Advertisement
Tags
Danau danau jernih Sempu
Share