Michelin Guide, Buku Sakti untuk Traveler Sejati

michelin guide

Apa yang pertama kali terbesit di ingatanmu ketika mendengar Michelin Guide atau Michelin Star? Pasti langsung tertuju kepada balap Formula 1 atau Moto GP atau perusahaan produsen ban mobil asal Prancis? Michelin Guide adalah buku sakti untuk para traveler kelas dunia. Untuk kamu yang masih bingung dengan istilah Michelin Star atau Micheline Guide, yuk simak rangkuman informasi dari Travelingyuk berikut.

Michelin Guide untuk Traveler Kelas Dunia

Michelin Guide wajib dimiliki traveler sejati [Image Source]
Michelin star adalah sebuah standart penilaian yang terdapat dalam buku Michelin Guide yang diterbitkan oleh perusahan ban asal Prancis yaitu Michelin. Michelin Guide bisa digunakan untuk mencari restoran-restoran mengagumkan ketika kamu traveling ke sebuah tempat di seluruh dunia. Awalnya, buku Michelin Guide untuk customer Michelin. Isinya adalah restoran yang bisa disinggahi pada saat melewati rute tertentu. Selain restoran, dalam buku ini juga terdapat rekomendasi dan informasi terkait tempat-tempat yang dibutuhkan selama perjalanan. Seperti hotel, toko, pom bensin, dan toko ban michelin itu sendiri.

tipikal dishes yang di review dalam michelin guide
Makanan yang di-review dalam Michelin Guide [image source]
Nah, untuk memberikan review dan penilaian, michelin tidak sembarangan. Jika kalian pernah menonton film berjudul Chef (2014), dalam film tersebut terdapat seorang foodies atau kritikus makanan bernama Ramsey Michel yang diperankan oleh Oliver Platt. Michelin Guide, juga memiliki tim food review serupa yang mempunyai julukan inspektor. Inspektor-inspektor inilah yang akan bergerak secara undercover ke restoran-restoran dan memberikan penilaian.

Salah satu scene dalam film Chef (2014)
Salah satu scene dalam film Chef (2014) [Image source]
Untuk penilaian terhadap restoran-restoran itu, Michelin Guide mempunyai rate dari satu bintang hingga yang terbesar tiga bintang. Satu bintang artinya restoran ini layak untuk kamu singgahi ketika melewatinya. Bisa jadi karena memiliki standar yang tinggi dan terbaik di kelasnya. Dua bintang adalah rekomendasi bahwa restoran ini worth it untuk kamu datangi walaupun harus menempuh rute yang berbeda dari rute yang kamu lewati. Kemudian yang terakhir, tiga bintang, merupakan nilai rekomendasi yang sangat tinggi dan tidak akan mengecewakan bila kalian melakukan sebuah trip hanya untuk mencoba makanan di tempat ini.

Gordon Ramsey Restaurant, peraih tiga bintang dari Michelin Guide
Gordon Ramsey Restaurant, peraih tiga bintang dari Michelin Guide (image source)

Tapi, jangan beranggapan bahwa restoran yang mendapat rate satu bintang itu buruk. Karena faktanya, untuk mendapatkan satu bintang dari Michelin Guide tidak mudah. Michelin Guide telah memberikan rekomendasi restoran secara global sejak tahun 1900. Kira-kira, di Indonesia ada nggak ya restoran dengan standart Michelin Guide?

  Next