Lagi Hits, Bukit Penembongan di Kuningan

Kalau mencari tempat yang lagi ngehits di Kuningan, Jawa Barat datang saja ke Bukit Panembongan. Layaknya Kalibiru, Yogyakarta tempat ini menyuguhkan pemandangan alam lewat rumah kayu di bibir jurang. Viewnya keren abis!

Warga Kuningan mempunyai hiburan baru dalam bentuk tempat wisata alam, namanya Bukit Panembongan. Tempat ini berupa kawasan perbukitan dengan kemiringan yang cukup ekstrim. Namun dari puncaknya terhampar jelas lanskap alam yang begitu indah.

Bukit Panembongan, Kuningan [image source]
Bukit Panembongan, Kuningan [image source]
Bukit Panembongan adalah tempat wisata yang baru dibuka pada akhir tahun 2015. Dalam waktu singkat tempat ini mampu menarik perhatian banyak traveler untuk berkunjung utamanya anak-anak muda yang doyan eksplorasi. Pasalnya tempat ini menawarkan spot selfie dengan pemandangan yang oke punya.

Untuk menuju ke lokasi, patokannya adalah dengan menyusuri Jalan Diponegoro yang mengarah ke desa Tembong, kecamatan Garawangi. Dari sana akan dijumpai papan petunjuk yang mengarahkan traveler menuju ke Bukit Panembongan. Jalan menuju ke lokasi kondisinya sudah beraspal namun ukurannya masih sempit dan banyak ditemukan lubang di sana-sini.

Bukit Panembongan menjadi tempat hits baru di Kuningan, Jawa Barat [image source]
Bukit Panembongan menjadi tempat hits baru di Kuningan, Jawa Barat [image source]
Dengan kondisi medan seperti itu disarankan bagi para traveler untuk menggunakan sepeda motor agar mobilitas bisa nyaman. Sekitar 30 meter dari spot utama terdapat lahan parkir khusus sepeda motor dengan tarif Rp. 3 ribu per unit. Langsung saja lanjutkan jalan kaki menuju ke puncak bukit.

Di atas Bukit Panembongan telah dibuatkan beberapa panggung dari bambu (semacam rumah kayu) di pinggir bukit. Tempat ini sengaja dibuat untuk mengakomodir pengunjung yang ingin berfoto. Selain itu tempat favorit untuk selfie berada di Tower Guludug, sebuah tempat di ketinggian yang menjadi primadona pengunjung untuk foto.

Panggung untuk melihat pemandangan di Bukit Panembongan [image source]
Panggung untuk melihat pemandangan di Bukit Panembongan [image source]
Untuk foto di Tower Guludug, setiap pengunjung harus membayar Rp. 1.000 per 10 menit. Maklum yang ngantri banyak apalagi saat weekend. Kalau ingin datang ke Bukit Panembongan sebaiknya jangan terlalu sore sebab tempat ini hanya buka hingga pukul lima sore saja.

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *