Bukit Jamur, Spot Selfie Kekinian yang Unik di Gresik

Advertisement

Bersebelahan dengan kota metropolitan, Surabaya, membuat Gresik hanya menjadi kota yang dilewati. Padahal daerah ini memiliki banyak pesona seperti wisata dan juga kulinernya, bahkan kafe keren untuk nongkrong. Yang unik dan cocok banget dikunjungi bagi kamu yang hobi fotografi adalah lokasi yang satu ini. Siapkan kameramu dan habiskan liburanmu berburu foto terbaik di sini. Di mana, sih?

Bukit Jamur yang Unik untuk Selfie

Bukit Jamur, Gresik
Bukit Jamur, Gresik [image source]
Disebut Bukit Jamur, lokasi ini merupakan sebuah area yang dipenuhi dengan batu-batu yang bentuknya menyerupai jamur. Rupanya, bebatuan ini mengalami abrasi selama bertahun-tahun lamanya sehingga bagian-bagiannya terkikis sedikit demi sedikit sehingga akhirnya membuatnya berbentuk seperti tumbuhan spora tersebut. Dulunya, tempat ini disebut sebagai Bukit Dakar. Namun, seiring berjalannya waktu lokasi ini malah lebih dikenal sebagai Bukit Jamur. Bentuk bebatuannya yang unik membuat perbukitan ini ramai dibanjiri pengunjung yang hobi berswafoto. Keren sih.

Bukit Jamur, Bungah, Gresik
Bukit Jamur, Bungah, Gresik [image source]

Seperti Menjadi Smurf dengan Rumah Jamurnya

Serasa di negeri liliput
Serasa di negeri liliput [image source]
Batu-batu besar yang berbentuk jamur ini membuatmu terlihat sangat kecil. Jika difoto dari jauh, kamu akan tampak seperti sedang berada di negeri liliput. Jangan datang terlalu siang karena kamu akan kepanasan dan menghilangkan mood-mu untuk berfoto ria di wisata unik ini. Jangan lupa membawa payung atau topi, juga kacamata untuk perlindungan sekaligus properti berposemu. Tidak ada warung makan atau hal lain yang bisa kamu temukan di tempat ini. Lokasinya berada di Desa dan Kecamatan Bungah. Dari kota Gresik, kamu bisa menuju arah Barat dan mengikuti jalur pantura hingga bertemu dengan Jembatan Solo. Setelahnya, kamu bisa mengikuti arah Dukun sampai bertemu dengan perumahan Podok Bunga Indah. Nah, kamu sudah dekat dengan Bukit Jamur.

Bukit Jamur di Gresik
Bukit Jamur di Gresik [image source]

Bekas Area Pertambangan

Sunrise di Bukit Jamur
Sunrise di Bukit Jamur [image source]
Ternyata, Bukit Jamur ini dulunya adalah lokasi pertambangan. Meski tidak seaktif dulu, namun hingga kini masih ada pekerja yang terlihat bekerja di sini. Hal ini lah yang membuat Bukit Jamur hanya dibuka pada hari Minggu. Sehingga pengunjung yang ingin berfoto tidak mengganggu para pekerja, dan juga sebaliknya. Tak ada tarif resmi. Kamu hanya perlu membayar uang parkir senilai Rp3.000 untuk motor, sedang mobil ditarik Rp10.000. Jangan khawatir, sudah ada petugas yang menjaga kendaraanmu sehingga kamu bisa nyaman menjelajah setiap sudut dari Bukit Jamur.

Spot selfie, Bukit Jamur, Gresik
Spot selfie, Bukit Jamur, Gresik [image source]

Wisata Hits Lainnya di Gresik

Bukit Kapur Sekapuk, Gresik
Bukit Kapur Sekapuk, Gresik [image source]
Gresik dikenal sebagai daerah industri yang banyak memiliki pabrik-pabrik. Namun jangan salah, ada banyak tempat keren yang bisa dikunjungi untuk sekedar menghabiskan akhir minggu. Setipe dengan wisata di atas, ada juga Bukit Kapur Sekapuk yang juga merupakan bekas lokasi pertambangan yang sangat keren untuk dijadikan spot berfoto ria. Selain itu, di Desa Kemudi ada sungai indah yang bisa kamu jelajah. Seger banget!

Kemudi Village
Kemudi Village [image source]

Kuliner yang Wajib Dicicipi di Kota Ini

Sego Krawu
Sego Krawu [image source]
Yang tak boleh terlewatkan adalah mencicipi berbagai hidangan khas Gresik. Paling utama adalah Sego Krawu yang merupakan nasi dengan suwiran ayam yang biasanya dinikmati dengan sambal pedas. Selain itu, ada juga nasi atau bubur Roomo yang juga merupakan kuliner khas daerah ini. Penganan lawas ini sudah mulai langkah dan susah ditemukan. Namun, kamu bisa mencobanya di parkiran Pasar Krempyeng Gresik. Menu yang pas banget untuk sarapan, bukan?

Bubur Roomo
Bubur Roomo [image source]
Bukit Jamur

Lokasi:  Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61152

Nah, siapa bilang Gresik tak memiliki sisi yang cantik? Sekarang sudah tahu kan harus kemana saat ingin hunting foto di kota industri ini?

Advertisement
Tags
Bukit Jamur Gresik Indonesia Jawa Timur
Share