Bukit Anak Dara, Wisata Baru di Lombok Untuk Menikmati Sunset

Advertisement

Gunung Rinjani beserta Kaldera Segara Anakan menjadi salah satu objek wisata Lombok paling favorit untuk memburu sunset. Selain dua objek tersebut, ada satu lagi tempat yang memiliki pesona mengagumkan di saat matahari terbenam. Ialah Bukit Anak Dara yang memiliki pemandangan cantik sore hari di Lombok. Wah, seperti apa sih keindahan dari objek wisata satu ini?

1. Bukit Anak Dara termasuk wahana anyar di Lombok. Tempat yang terkenal dengan matahari terbenamnya ini baru dibuka sejak tahun 2015 lalu.

Landscape Anak Dara dan Sembalun
Landscape Anak Dara dan Sembalun [image source]

2. Berada di ketinggian 1.921 mdpl, Anak Dara menjadi bukit tertinggi kedua di Sembalun setelah Nanggi yang terletak di Sembalun Bumbung.

Anak Gunung Rinjani
Anak Gunung Rinjani [image source]

3. Tidak semudah mendaki bukit di sekitar Desa Sembalun, Anak Dara cukup sulit untuk ditaklukkan oleh para pendaki pemula. Setidaknya butuh waktu 2 hingga 3 jam untuk mendaki.

Hijau dan Asrinya Anak Dara
Hijau dan Asrinya Anak Dara [image source]

4. Meski jauh dan melelahkan, hamparan perbukitan nan hijau serta pemandangan matahari terbenam dapat dinikmati dengan puas di sana. Ada baiknya untuk mendaki di sekitar jam 1-2 siang sehingga waktu di puncak masih dapat melihat keindahan sunset.

Sunset Anak Dara
Sunset Anak Dara [image source]

5. Perjalanan untuk menuju bukit ini bisa dimulai dari Mataram menuju ke Desa Sembulun yang menjadi gerbang Anak Dara. Karena masih baru, pendaki pun biasanya diminta untuk menyewa guide.

Bukit Anak Dara Sore
Bukit Anak Dara Sore [image source]

6. Bukan hanya untuk melihat matahari terbenam saja, tentu para wisatawan juga kemping di atas bukit indah satu ini. Kerennya, mereka tidak asal mendirikan tenda dan memilih tanah yang sudah disediakan.

Kemping di Anak Dara
Kemping di Anak Dara [image source]

7. Bukan hanya sore hari, langit Bukit Anak Dara makin membuat traveler terkagum-kagum. Bagaimana tidak, ribuan bintang menjadi penghias langit yang tidak akan terkenang selalu.

Malam Hari di Anak Dara
Malam Hari di Anak Dara [image source]

8. Bukan hanya sunset saja, matahari terbit pun juga bisa dilihat di bukit ini. Berada di antara garis pantai di sebelah timur, sinar mentari bakalan memberikan energi positif bagi kamu.

Sunrise Bukit Anak Dara
Sunrise Bukit Anak Dara [image source]

9. Selain perbukitan yang menarik, dari puncak Bukit Anak Dara ini pun dapat dilihat pemukiman desa Sembalun yang asri. Selain itu, sawah dan juga wahana wisata seperti Kebun Strawberry dapat dilihat dari sini.

Pemandangan Pebukitan di Anak Dara
Pemandangan Pebukitan di Anak Dara [image source]

10. Karena masih baru, tentu saja wahana wisata di sini sangat bersih. Hampir tidak ada sampah di sana karena setiap pendaki diberikan tanggungjawab atas barang bawaannya.

Bukit Anak Dara
Bukit Anak Dara [image source]
Nama : Bukit Anak Dara
Alamat : Desa Sembalun, Lombok Timur
Tiket Masuk : Rp 10.000 / orang
Sewa Guide : Rp. 100.000

Objek wisata di Lombok bukan hanya kepulauan Gili atau Rinjani saja. Tapi, di pulau cantik ini masih banyak destinasi wisata yang tersembunyi. Salah satunya adalah Bukit Anak Dara ini. Nah, yakin tidak ingin berkunjung ke sini?

Advertisement
Tags
Bukit Anak Dara Explore Lombok
Share