Ajak Buah Hati Berkuda di Bandung, ini Rekomendasi Tempatnya

Advertisement

Olahraga itu penting bagi siapapun, tidak mengenal usia dan kalangan. Mau kecil atau besar, semuanya membutuhkan olahraga. Hanya saja, bentuk dan jenisnya bisa disesuaikan dengan usia. Tentu kegiatan sehat untuk buah hati yang masih kecil bisa berbeda dengan orang-orang dewasa. Salah satu pilihan menarik bagi anak untuk olahraga sambil bermain adalah berkuda. Ada banyak sekali manfaat yang ditimbulkan. Tidak hanya membuat sang anak jadi mengerti tentang kuda, tapi juga bisa lebih sehat, baik dalam segi fisik maupun mental.

Kamu bisa mengajarkan pada mereka tentang pentingnya menyayangi sesama makhluk hidup, dalam hal ini adalah kuda. Jika kamu berada di Bandung, maka nggak perlu repot lagi karena ada banyak sekali rekomendasi tempat untuk berkuda. Bukan hanya buah hatimu saja, kamu juga bisa ikutan seru-seruan dan keliling sembari menikmati keindahan Bandung serta udara yang begitu sejuk. Biar nggak penasaran, berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

1. Daarus Sunnah

Mirip nama sebuah pesantren ya? Memang benar, fasilitas olahraga berkuda ini adalah bagian dari kompleks Pondok Pesantren Daarut Tauhiid milik KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Konsep pesantren ini cukup unik karena mengusung nuansa yang ramah lingkungan. Jangan kaget jika kamu melihat banyak sekali bangunan yang terbuat dari bambu. Berkuda dikenalkan sebagai kegiatan yang membawa dampak baik, kamu bisa membawa anak-anak ke sini untuk melihat langsung bagaimana perawatan kuda.  Bukan hanya itu, ada kuda-kuda yang disediakan untuk ditunggangi oleh pengunjung.

Daarus Salam [image source]
Daarus Sunnah [image source]

Dengan melakukan hal itu, maka saraf motorik anak bisa lebih berkembang. Beberapa sikap baik seperti tanggung jawab, kesabaran, disiplin dan kepercayaan diri bisa timbul setelah berkuda. Untuk yang masih kecil, ada delman yang ditarik oleh kuda dan akan membawa penumpangnya berkeliling. Puas berkuda, ada fasilitas olahraga lain yang nggak kalah seru yaitu memanah. Lokasi Daarus Sunnah sendiri ada di  Jl. Cigugur Girang No. 33 Parompong, Kab. Bandung.

2. Detasemen Kavaleri Berkuda

Bandung juga menjadi markas bagi Detasemen Kavaleri Berkuda, Pusat Kesenjataan Kavaleri TNI Angkatan Darat. Dari sebutannya saja kamu sudah bisa menerka jika tempat itu adalah lokasi pelatihan kuda-kuda militer, termasuk juga prajurit-prajurit kavaleri Indonesia. Bukan hanya pelatihan, tapi mulai dari peternakan hingga perawatan semua bisa dilakukan di sini. Saat memasukinya, kamu akan melihat hamparan tanah lapang dengan kuda-kuda di beberapa sudut. Ada yang dibiarkan lepas dan berjalan dengan bebas. Ada beberapa bagian di Detasemen Kavaleri Berkuda yaitu cross country, enduranceshow jumping dan dressage atau tunggang serasi.

Datasemen Kavaleri [image source]
Datasemen Kavaleri [image source]

Setiap kuda bisanya sudah dkhususkan dan dilatih sesuai dengan kategori tersebut. Di sini kamu bisa mendapatkan informasi seputar kuda-kuda prajurit, termasuk juga nama dan jenisnya. Akan lebih baik jika kamu datang bersama buah hati dan menunggang kuda bersama. Langsung saja menuju Jalan Kolonel Masturi, Desa Karyawangi Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung untuk merasakan sensasinya secara langsung.

3. De Ranch

The Ranch Lembang atau lebih dikenal dengan sebutan De Ranch adalah tempat wisata dengan konsep yang unik. Anak-anak akan sangat senang berada di sana karena merasa sedang ada di sebuah peternakan kuno ala negeri para cowboy. Yang menjadi daya tarik utama di sini adalah kuda-kuda yang disediakan untuk para pengunjung dan bebas ditunggangi sambil menikmati hijaunya De Ranch. Biar makin mantap, kamu bisa menyewakan baju cowboy untuk anakmu. Jangan lupa untuk mengambil satu atau dua foto sebagai kenang-kenangan. Selain peternakan kuda, ada juga peternakan sapi lengkap dengan informasinya.

De Ranch [image source]
De Ranch [image source]

Jadi kamu bisa mengajak anakmu untuk belajar sambil mencoba wahana permainan yang seru. Bahkan di tempat ini, wisatawan bisa langsung memeras susu sapi. Harga tiket De Ranch cukup murah, Rp 5 ribu. Sedangkan untuk menikmati wahana permainannya, kamu harus membayar lagi. Letak De Ranch cukup dekat degan pusat Kota Bandung, tepatnya ada di Jalan Maribaya No. 17, Lembang, Bandung.

4. Kawasan Taman Lansia

Tidak begitu jauh dari Gedung Sate tepatnya di kawasan Taman Lansia, Jalan Diponegoro, ada kuda-kuda yang disediakan untuk disewa. Kamu bisa mengelilingi taman dengan naik kuda bersama dengan buah hatimu. Atau bisa juga membiarkan dia naik sendiri dan dipandu oleh pemilik kuda. Sebagian anak yang menunggang kuda akan merasakan keseruan dan pengalaman yang berbeda dari naik kendaraan bermotor.

Taman Lansia [image source]
Taman Lansia [image source]

Harganya nggak mahal, untuk menyewa kuda kamu cukup merogoh kocek sebesar 25 ribu saja. Namun jika kamu berkuda berdua, maka harganya lebih mahal lagi karena bebannya jadi semakin berat. Jangan khawatir nggak kebagian kuda, biasanya ada sekitar 70 ekor kuda yang disiapkan untuk para pengunjung Taman Lansia.

5. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey cukup terkenal sebagai salah satu destinasi andalan di Bandung. Keindahan danau kawah dengan warna yang khas begitu memanjakan mata. Apalagi dengan pemandangan pegunungan di sekitarnya, kamu akan betah berlama-lama di kawasan Kawah Putih Ciwidey. Karena sudah terkenal, maka tempat tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni termasuk wahana selain pemandangan kawah.

Kawah Putih [image source]
Kawah Putih [image source]

Puas dengan kecantikannya, kamu bisa mengajak keluarga yang ikut bersamamu untuk menaiki kuda. Kamu bisa memilih sendiri kuda yang akan ditunggangi, dan harganya hanya sekitar Rp. 15 ribu saja. Dengan membayar biaya yang murah, wisatawan bisa berkeliling kawah putih Ciwidey dan melihat sudut-sudut kerennya.

Baca Juga : Seger! ini Rekomendasi Tempat Jajan Es Krim yang Enak di Bandung

Itulah beberapa rekomendasi tempat berkuda. Jangan cuma datang sendiri, ajak juga keluarga terutama buah hati agar mereka bisa menikmati keseruan berkuda sambil menikmati pemandangan indah.

Advertisement
Tags
Bandung berkuda olahraga wisata bandung
Share