Di Lokasi-Lokasi Ini, Anda Bisa Berenang Bareng Hiu Tanpa Alat Pengaman

Berwisata bawah laut seperti menikmati keindahan terumbu karang memang sangat menenangkan. Tapi bagi Anda yang ingin berwisata menantang maut, cobalah berenang di laut lepas bersama segerombolan hiu. Bukan hanya sekadar berenang, Anda bahkan bisa mencebur ke lautan tanpa perlengkapan apa pun!

Tapi Anda tidak perlu khawatir bakal dimangsa oleh hiu, karena pada destinasi berikut ini, Anda akan ditemani oleh para pemandu dari Professional Association of Diving Instrutors, yang tergabung dalam Project AWARE Foundation. Nah, laut mana saja yang bisa dijadikan arena berenang dengan hiu seperti tersebut di atas? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Shark Ray Alley di Ambergris Caye, Belize

Berjarak sepuluh menit dari Pulau Ambergis Caye, Shark Ray Alley merupakan destinasi berenang dengan hiu yang paling dekat dari pantai. Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke tengah laut karena hanya dengan menumpang speedboat, segeromobol hiu dan ikan pari akan segera menyambut Anda.

Shark Ray Alley
Shark Ray Alley [Image Source]
Meskipun tampak ganas, konon hiu-hiu jenis nurse shark yang bermukim di kedalaman 8 sampai 30 meter di Shark Rey Alley memiliki tabiat yang sangat ramah. Bahkan, Anda bisa juga bisa mengajaknya berfoto dan berpose. Tapi kalau Anda masih ngeri melihat deretan giginya yang tajam bagai belati, Anda bisa melihatnya dari atas speedboat.

Isla Mujeres di Cancun, Meksiko

Bulan Mei sampai September merupakan saat yang tepat untuk berenang dengan hiu di Isla Mujeres. Berbeda dengan destinasi lainnya, monster yang bakal menjadi teman berenang Anda di laut ini adalah hiu-paus, yakni hiu terbesar yang ada di dunia.

Isla Mujeres
Isla Mujeres [Image Source]
Untungnya, hiu-paus bukanlah jenis hiu yang gemar memangsa manusia. Meskipun berukuran raksasa, jenis hiu yang satu ini justru menganut pola makan vegetarian. Alih-alih takut djadikan mangsa, Anda justru bisa berenang bersama di perairan hangat, sambil menikmati keindahan panorama Karibia.

Bora Bora di Tahiti

Berstatus sebagai tempat paling indah di dunia, Bora Bora juga menjadi tempat pengembangbiakkan hiu. Faktanya, berenang dengan hiu dan ikan pari merupakan salah satu aktivitas yang paling digemari di Bora Bora.

Bora Bora
Bora Bora [Image Source]

Ada dua jenis hiu yang akan menjadi teman berenang Anda. Pertama adalah hiu ekor hitam yang berkeriapan di laguna sebening kristal di Bora Bora. Berikutnya adalah hiu lemon yang berada di agak jauh di laut lepas. Untuk hiu yang satu ini, para pemandu akan menganjurkan Anda ber-snorkling di permukaan laut, sementara gerombolan hiu lemon berenang di kedalaman.

Pulau Galapagos di Ekuador

Pulau Galapagos memang tersohor dengan kehidupan lautnya. Selain kura-kura raksasa yang telah hidup selama ratusan tahun, Pulau Galapagos juga menjadi habitat hiu karang. Dengan panjang lima kaki dan wajah menyeramkan, hiu karang akan menjadikan pengalaman berenang Anda terasa dekat dengan maut.

Galapagos
Galapagos [Image Source]

Untuk bisa melihat hiu karang, pemandu akan menyelam ke bawah laut dan masuk ke gua-gua tempat persembunyiannya. Setelah hiu karang beranjak ke luar gua, Anda bisa melihatnya dari permukaan laut. Pastikan Anda bisa bangun pagi karena hiu karang cuma muncul di pagi hari.

Sekilas lalu, berenang dengan hiu memang tampak menantang maut. Apalagi tanpa dilengkapi peralatan yang memadai. Tapi, mengingat aktivitas berenang Anda akan dipandu oleh para ahli, dan beberapa hiu justru tidak seganas kelihatannya, tidak ada salahnya Anda mencoba wisata bawah laut yang satu ini. Dijamin seru dan memacu adrenalin. Next

Written by andi

andi