Beach Hopping di Lombok, Seharian Menikmati Air dan Sinar Matahari. Seru!

Advertisement

Indonesia adalah surga, daratannya subur dan perairannya penuh dengan keindahan. Sebagai daerah yang tropis, nggak heran jika ada begitu banyak turis datang ke pantai-pantai Lombok untuk berlibur. Sinar matahari yang bersinar hingga air laut adalah magnet kuat yang membuat banyak wisatawan rela jauh-jauh menuju pantai. Salah satu daerah yang terkenal dengan wisata alam, terutama laut adalah Lombok. Namanya sudah cukup terkenal karena menyuguhkan lingkungan alami, hamparan pasir pantai yang luas hingga membuatnya serasi dengan birunya air laut dengan ombak cantik. Sayang banget jika kamu hanya mengunjungi satu pantai saja selama di Lombok.

Padahal, ada begitu banyak destinasi yang bisa kamu kunjungi. Dengan kata lain, Lombok adalah tempat yang tepat jika kamu ingin melakukan beach hopping. Yaitu kegiatan wisata yang melompat dari satu pantai ke pantai yang lain. Tentunya dengan menggunakan kendaraan. Jika pantainya berada dalam satu pulau, bisa mengandalkan boat yang disewakan oleh nelayan setempat. Dalam satu atau dua hari, kamu bisa menjelajahi pantai-pantai di Lombok yang begitu indah. Berikut ini adalah beberapa pantai yang wajib masuk dalam daftar beach hopping kamu.

1. Gili Rengit dan Gili Layar

Gili Rengit [via instagram @namasayamj ]
Gili Rengit [via instagram @namasayamj ]
Gili Rengit dan Gili Layar adalah pulau-pulau kecil di Pulau Lombok yang letaknya berdekatan. Kamu bisa menuju ke sini dengan berangkat dari Pulau Lombok. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di sana dengan menggunakan perahu nelayan. Sedangkan dari Gili Rengit dan Gili Layar membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit saja, cukup singkat karena jaraknya memang dekat. Memang tidak seramai pulau-pulau besar lain, namun kamu akan tetap menemukan keindahan karena pasir pantainya begitu luas, ombak yang tenang juga cocok untuk snorkeling.

Gili Layar [via instagram @eonetours]
Gili Layar [via instagram @eonetours]
Bahkan kamu akan merasa seperti sedang berada di pulau milik sendiri, keren kan? Di daratan Pantai Gili Layar ada sapi-sapi yang sengaja dilepas oleh pemiliknya. Di beberapa sudut pantai, misalnyas aja di bagian barat, kamu bisa memancing ikan. Gili Rengit dan Gili Layar adalah pulau tak berpnghuni. Kamu bisa melihat keberadaannya dari Gili Gede karean jarakanya hanya sekitar 1 km saja. Jadi kamu bisa menyempatkan untuk berkunjung ke Gili Gede dan melihat aktivitas penduduk setempat.

2. Gili Asahan

Gili Asahan [via instagram @ankiherlin ]
Gili Asahan [via instagram @ankiherlin ]
Kamu bisa melanjutkan beach hoppingmu menuju Gili Asahan. Secara administratif, pulau tersebut ada di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat. Sama seperti Gili Gede, ada pemukiman penduduk di Gili Asahan. Setiap harinya, perahu-perahu nelayan lalu lalang menuju tempat ini untuk membawa penumpang dan berbagai kebutuhan. Dengan keindahan alamnya, Gili Asahan juga dikenal sebagai sahabat para penyelam. Keindahan bawah laut Gili Asahan menjadi daya tarik yang sulit untuk ditolak, khususnya oleh para pencinta olahraga selam.

Gili Asahan [via instagram @lisa_salus ]
Gili Asahan [via instagram @lisa_salus ]
Kamu nggak perlu kahwatair karena ada banyak sekali yang menyewakan peralatan selam lengkap dengan pamandunya. Terdapat beberapa spot menyelam yang direkomendasikan karena menyuguhkan keindahan luar biasa. Salah satunya adalah  secret garden. Tempat dengan terumbu karang yang eksotis dan kejernihan airnya pas untuk foto-foto. Puas menyelam, kamu bisa bermain di pantai Gili Asahan. Terdapat tempat menginap berupa resort, kamu bisa menggunakannya untuk bermalam dan melanjutkan beach hoppingmu esok harinya.

3. Gili Sudak

Gili Sudak [via instagram @harry_mrdyn ]
Gili Sudak [via instagram @harry_mrdyn ]
Gili Sudak adalah andalan bagi wisata di Lombok. Dengan adanya destinasi tersebut, para wisatawan bisa semakin dimanjakan dengan keindahan pantai dengan alam yang cantik.  Letaknya ada di  Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Sayang baget jika kamu melewatkan tempat ini saat liburan di Lombok karena kamu akan disuguhi dengan garis pantai yang panjang dengan luasnya hamparan pasir putih. Dari bibir pantai kamu bisa menikmati terpaan angin laut.

Gili Sudak [via instagram @jscmila ]
Gili Sudak [via instagram @jscmila ]
Jika kamu ingin ke tempat ini kamu bisa berangkat  dari beberapa pelabuhan di Lombok. Misalnya saja dari Pelabuhan Tawun yang jaraknya sekitar 40 km dar Kota Mataram. Setelah itu kamu akan memepuh perjalanan laut dengan perahu nelayang hingga sampai di Gili Sudak. Waktu tempuhnya tidak begitu lama, hanya 20 menit saja. Fasilitas pantai juga lengkap, bahkan ada kursi-kursi yang disediakan untuk para pengunjung agar bisa lebih leluasa saat bersantai.

4. Gili Nanggu

Gili Nanggu [via instagram @ademayadi ]
Gili Nanggu [via instagram @ademayadi ]
Gili Nanggu saat ini sedang naik daun sebagai destinasi dengan keindahan yang menyaingi Gili Trawangan hingga Gili Air. Pantainya begitu cantik dengan air laut yang berwarna biru cerah. Kamu bisa melihat matahari terbenam di Gili yang berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat itu. Kamu bisa menyewa perahu atau speedboat dan berangkat dari Pelabuhan Lembar, waktu tempuh untuk sampai di tujuan adalah sekitar 35 hingga 45 menit.

Gili Nanggu [via instagram @robbiatuladwyh ]
Gili Nanggu [via instagram @robbiatuladwyh ]
Jika kamu melakukan beach hopping, maka kamu bisa berangkat dari Gili Sudak. Suasananya yang begitu tenang sangat cocok untuk menciptakan nuansa romantis, kamu yang sedang bulan madu akan langsung merasa ada di surga dengan pemandangan super keren.

 

Itulah beberapa deretan pantai di Lombok selain Gili Trawangan yang wajib masuk dalam daftar beach hopping kamu. Sekali berangkat, banyak pantai bisa kamu nikmati, seru bukan?

Advertisement
Tags
beach hopping Lombok pantai pantai lombok wisata lombok
Share