Merasakan Serunya Beach-Camping di Pantai-Pantai Indah Jawa Timur

Advertisement

Aktivitas pantai yang banyak dilakukan oleh traveler adalah berenang, bermain pasir dan membentuknya menjadi banyak bentuk, diving, atau snokeling untuk menikmati kedalaman air. Selain aktivitas yang telah disebutkan, aktivitas pantai lain yang bisa dilakukan adalah melakukan beach-camping di sepanjang garis pantai yang masih alami.

Beach-camping adalah aktivitas kamping yang dilakukan di pinggiran pantai. Dengan alasan pasir pantai, kamu bisa menikmati suasana pantai di malam hari. Kamu juga bisa membuat api unggun, membakar ikan, atau aktivitas menyenangkan lain seperti sedang kamping di atas gunung.

Oh ya, kalau kamu penasaran dan ingin melakukan beach-camping ini. Coba datangi beberapa pantai di Jawa Timur. Menurut beberapa pencinta pantai, kawasan ini sangat cocok untuk menghabiskan malam sambil ditemani embusan angin laut dan juga sinar rembulan.

1. Pantai Goa Cina – Malang

Pantai Goa Cina [image source]
Pantai Goa Cina [image source]

Pantai Goa Cina adalah salah satu destinasi yang sangat tepat untuk menikmati kamping yang menyenangkan. Meski memiliki garis pantai yang tidak terlalu luas, pantai ini cukup landai untuk mendirikan sebuah tenda. Di pantai ini kamu bisa menikmati air laut yang super jernih. Menjelang sore hari, air akan surut sehingga kamu bisa berenang agak ke tengah untuk menikmati kesegaran pantai selatan. Begitu malam menjelang, pantai ini akan ramai dengan para traveler yang melakukan aktivitas menyalakan api unggun atau sekadar bermain musik dan bernyanyi bersama-sama. Selain Goa Cina, pantai di Malang lainnya yang cocok untuk dijadikan tempat camping adalah Pantai Watu Leter, Pantai Teluk Asmara, Pantai Kondang Merak, Pantai Gatra dan masih banyak lagi.

2. Pantai Srau – Pacitan

Pantai Srau [image source]
Pantai Srau [image source]

Setelah dari Malang mari beranjak menuju ujung barat dari Jawa Timur khususnya Pacitan. Di kota yang memiliki julukan Kota Seribu Gua ini ternyata memiliki cukup banyak pantai yang menarik untuk dijadikan spot kamping. Salah satu pantai terbaik itu adalah Pantai Srau yang terletak di Desa Srau, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Di tempat ini, kamu bisa mendirikan tenda di bawah pohon kelapa yang memenuhi pantai sambil menggelar pesta barbecue yang mengasyikkan.

3. Pantai Teluk Hijau – Banyuwangi

Pantai teluk Hijau [image source]
Pantai teluk Hijau [image source]

Berada di dalam Taman Nasional Meru Betiri, Pantai teluk Hijau atau Green Bay memiliki akses yang cukup susah. Untuk sampai ke sana, kamu harus melewati kawasan hutan dari taman nasional yang masih liar. Begitu tiba di pantai, kamu bisa menikmati pemandangan memukau dari air pantai yang tampak hijau jernih dari kejauhan. Oh ya, spot kamping di pantai ini terletak di sepanjang garis pantai yang berpasir lembut. Kalau kamu ingin menikmati sensasi menginap di pantai yang cukup terpencil, Green Bay adalah pilihan yang susah untuk ditolak.

4. Pantai Pangi – Blitar

Pantai Pangi [image source]
Pantai Pangi [image source]

Kalau di Pantai Srau kamu bisa mendirikan tenda di bawah pohon kelapa yang jumlahnya cukup banyak. Di Pantai Pangi kamu bisa mendirikan tenda di bawah pohon pinus yang ukurannya tidak terlalu tinggi. Setiap hari, puluhan traveler datang silih berganti untuk melakukan aktivitas kamping yang menyenangkan. Untuk sampai ke Pantai Pangi, kamu bisa berangkat dari Kota Blitar menuju kawasan Tugu Trisula, Bakung yang membutuhkan waktu 1-2 jam perjalanan.

5. Pantai Rajegwesi – Banyuwangi

Pantai Rajegwesi [image source]
Pantai Rajegwesi [image source]

Pantai Rajegwesi terletak tidak jauh dari Pantai Teluk Hijau dan masih di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Di tempat ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang hijau serta air laut jernih yang warnanya biru pekat semakin ke tengah. Spot kamping dari pantai ini tidak jauh dari bibir pantai yang lantai sehingga nyaman untuk didirikan sebuah tenda.

Inilah pantai-pantai di kawasan Jawa Timur yang bisa digunakan untuk tempat kamping. Jadi, kamu menghabiskan malam di pantai mana, guys?

Advertisement
Tags
Banyuwangi Blitar Indonesia Jawa Timur Malang pacitan pantai
Share