Pesona Bawah Laut dan Puncak Pulau Gunung Api Banda yang Wajib Masuk List Travelingmu

Indonesia terdiri dari ribuan gugusan pulau. Luas pulau-pulau tersebut bervariasi, ada yang kecil, sedang maupun besar. Gugusan pulau itulah yang membuat Indonesia memiliki panorama indah dan berhasil memikat jutaan wisatawan asing maupun lokal.Dari banyaknya gugusan pulau tersebut, ada beberapa pulau yang terkenal sampai ke penjuru dunia.

Bali contohnya. Pulau Dewata ini sudah terkenal di dunia pariwisata internasional. Namun, ada pula sebuah pulau unik yang juga cocok untuk destinasi traveling. Pulau tersebut adalah Gunung Api Banda.

Pulau yang Juga Merupakan Gunung Api

Pulau Gunung Api Banda terletak di Kepulauan Banda, Maluku. Keunikan dari pulau ini adalah seluruh permukaan daratannya merupakan gunung api vulkanis. Di pulau ini terdapat gunung api yang menjulang setinggi 656 meter di atas permukaan laut.

Pulau Gunung Api [image source]
Pulau Gunung Api [image source]

Gunung api di pulau ini pernah meletus terakhir kali pada tahun 1988. Letusan gunung ini membuat langit di sekitar Kepulauan Banda diselimuti abu selama berhari-hari. Tak hanya itu saja, letusan gunung api juga merusak kekayaan laut terumbu karang. Namun menurut penelitian UNESCO, letusan gunung tersebut membuat pertumbuhan terumbu karang di sana lebih cepat.

Menyaksikan Keindahan Bawah Laut Pulau Gunung Api

Diving [image source]
Diving [image source]

Terumbu karang yang tumbuh dengan cepat membuat dunia bawah laut Pulau Gunung Api semakin indah. Jika kamu traveling ke Pulau Gunung Api, spot diving Lava Flow tak boleh kamu lewatkan. Spot menyelam Lava Flow menawarkan keindahan pemandangan terumbu karang dan ikan warna-warni yang berenang ke sana ke mari. Sekitar 124 jenis terumbu karang ada di bawah laut Pulau Banda. Jumlah tersebut merupakan 40% dari keseluruhan spesies terumbu karang yang ada di Indonesia Bagian Timur.

Pemandangan Maluku yang Menakjubkan dari Puncak Pulau Gunung Api

Setelah puas menjelajahi dunia bawah laut Pulau Gunung Api Banda, kamu bisa melanjutkan dengan mendaki sampai ke puncak. Gunung api dengan ketinggian 656 meter di atas permukaan tanah ini menawarkan pemandangan menakjubkan di puncaknya. Pendakian sampai ke puncak gunung memakan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam.

View dari puncak gunung [image source]
View dari puncak gunung [image source]

Jalur pendakian menuju puncak gunung api berada di sisi sebelah timur pulau dengan topografi yang agak curam. Perjalanan menuju puncak sebaiknya dilakukan saat hari masih pagi, sekitar pukul 7. Karena merupakan gunung berapi yang masih aktif, gas beracun belerang perlu dihindari selama pendakian.

Dari puncak gunung api, kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan gugusan Kepulauan Banda. Keindahan Pulau Banda Naira juga bisa kamu nikmati dari sini. Pemandangan Benteng Belgica, bandara udara Banda Naira, dan pemukiman penduduk dari atas tak henti-hentinya membuat kamu berdecak kagum.

Pulau Gunung Api Banda ditetapkan sebagai taman wisata alam sejak tahun 1992. Pulau ini juga merupakan salah satu bagian dari UNESCO World Heritage Site lho, jadi memasukannya ke dalam list travelingmu wajib hukumnya! Next