6 Bangunan Bersejarah Sebagai Saksi Bisu Peperangan Zaman Dahulu

Advertisement

Pastinya perang akan menyisakan duka, sengsara sampai dengan kesedihan bagi para korban. Dikarenakan hal itu, banyak negara di dunia yang memiliki koleksi barang-barang sampai dengan cerita yang terus disimpan dan dilestarikan untuk mengenang sejarah peperangan yang pernah terjadi itu.

Dari berbagai barang yang disimpan atau ada di suatu negara yang pernah mengalami peperangan di zaman lalu, ada beberapa obyek bangunan yang hingga kini masih berdiri tegar walaupun sudah berumur puluhan tahun, walaupun kondisinya sudah tidak utuh lagi.

Berikut ini adalah beberapa bangunan dari berbagai negara sebagai saksi bisu peperangan hebat di zaman dahulu.

1. Hiroshima Peace Memorial, Jepang

Di penghujung Perang Dunia II, pada tanggal 6 Agustus 1945, 2 buah bom mengguncang Jepang yang membuat para pasukan Negara Matahari Terbit itu bertekuk lutut dan menyatakan menyerah kepada tentara Sekutu. Bom atom yang dijatuhkan di Kota Hiroshima dan Nagasaki tersebut menelan korban lebih dari 70 ribu orang.

Hiroshima Peace Memorial, Jepang [image source]
Hiroshima Peace Memorial, Jepang [image source]
Setelah perang usai, satu bangunan yang kini diberi nama “Hiroshima Peace Memorial” tetap berdiri kokoh sebagai saksi di mana Jepang hancur di segala sektor. UNESCO juga memasukkannya dalam deretan bangunan berkategori World Heritage.

2. Anhalter Bahnhof, Jerman

Pada saat Perang Dunia II berkecamuk, Anhalter Bahnhof dikenal sebagai tempat untuk mendeportasi para orang Yahudi dan juga sebagai penampung mayat-mayat korban peperangan. Bangunan ini juga tak luput dari serangan artileri berat yang mengguncang Berlin pada saat itu.

Anhalter Bahnhof, Jerman [image source]
Anhalter Bahnhof, Jerman [image source]
Bertahun-tahun berlalu, kini Anhalter Bahnhof tetap berdiri tegak, walaupun ada beberapa sisi dari bangunannya yang tetap dibiarkan berantakan sebagai memorial place yang pernah terjadi di negara tersebut.

3. St Dunstan, Inggris

Ketika tentara Nazi menyerang Inggris pada saat Perang Dunia II, Kota London sangat mencekam dan lebih dari 40 ribu orang menjadi korban. Bahkan tidak sedikit bangunan di Kota London yang hancur lebur karena serangan yang dikenal dengan nama Blitz tersebut.

St Dunstan, Inggris [image source]
St Dunstan, Inggris [image source]
Salah satu bangunan yang tetap berdiri kokoh hingga sekarang adalah St Dunstan yang terletak di sebelah timur Kota London. Sayangnya, walaupun masuk dalam kategori bangunan bersejarah, gedung satu ini terlihat terlantar tidak begitu terurus.

4. Beit Beirut, Lebanon

Lebih dari satu dekade, Lebanon bak kota yang menyeramkan karena pecahnya perang di negara tersebut. Lebih dari 120 orang meninggal dunia dan sekitar 1 juta orang meninggalkan tempat tinggal mereka untuk pindah ke negara yang lebih damai.

Beit Beirut, Lebanon [image source]
Beit Beirut, Lebanon [image source]
Salah satu saksi bisu peperangan di Lebanon saat itu dan masih berdiri adalah sebuah bangunan yang dibangun pada tahun 1924 bernama Beit Beirut. Bangunan ini adalah tempat persembunyian favorit para sniper dan tentara. Tidak heran banyak sisi dari Beit Beirut yang rusak karena serangan artileri berat.

5. Museum of Arms, Kroasia

Di tahun 1990-an, perang berkecamuk di Kroasia. Banyak korban baik dari penduduk sipil atau juga tentara yang berjatuhan. Ada satu kota yang sering menjadi medan perang sengit di Kroasia, yaitu Karlovac. Di tempat ini ada banyak bangunan yang menjadi saksi bisu peperangan saat itu, salah satunya adalah Museum of Arms.

Museum of Arms, Kroasia [image source]Museum of Arms, Kroasia [image source]
Museum of Arms, Kroasia [image source]
Sekarang ini, Museum of Arms dijadikan tempat yang berfungsi sebagai pengenang perang pada tahun 1991 itu dan sebagai pengingat korban yang berjatuhan yang diakibatkannya.

6. Old Steam Mill, Rusia

Jika pergi ke Kota Volgograd, Rusia, kurang rasanya jika tidak mengunjungi satu bangunan bersejarah, bernama Old Steam Mill yang didirikan pada tahun 1903 dan beberapa bagiannya hancur karena peperangan. Di zaman dahulu, Old Steam Mill dijadikan tempat persembunyian strategis bagi para tentara.

Old Steam Mill, Rusia [image source]
Old Steam Mill, Rusia [image source]
Serangan artileri berat berhasil mengoyak atap sampai lantai-lantai bangunan tersebut. Uniknya, hingga sekarang, Old Steam Mill tetap berdiri kokoh walaupun tidak lagi utuh.

Tidak hanya di banyak negara saja, di Indonesia sendiri juga memiliki bangunan-bangunan bersejarah sejenis, walaupun rata-rata sudah dipugar dan direnovasi sehingga bentuknya ketika saat perang berkecamuk tidak lagi dapat dilihat. Bangunan bersejarah apa yang ada di kota Anda yang hingga kini masih tegar berdiri?

Advertisement
Tags
Bangunan Bersejarah perang zaman dulu sejarah
Share