11 Alasan Kamu Harus ke Bintan, Wisata Kepulauan Tiada Duanya di Indonesia!

Selain dikenal karena memiliki Pulau Batam yang menjadi pusat lalu lintas ekspor dan impor, Kepulauan Riau juga dikenal karena adanya pulau Bintan. Di pulau kecil yang bersebelahan dengan Batam ini, kamu bisa menemukan banyak destinasi wisata yang tidak hanya menarik tapi juga berkesan. Menjelajahi objek wisata Bintan akan membuat kamu seperti diterjunkan ke surga yang setiap jengkalnya menarik untuk di jelajahi.

Bintan telah menjelma menjadi pulau wisata yang tiada duanya. Kalau boleh dibandingkan, Bintan sudah seperti kloningan dari Bali dengan keunikan adat dan istiadatnya. Mengunjungi Bintan akan membuat perjalanan wisatamu menjadi lebih memorable hingga rasanya ingin kembali lagi dan lagi.

Oh ya, masih tentang Bintang, berikut 10 alasan yang membuatmu harus ke sana saat ini juga!

1. Menjelajahi Hutan Bakau di Sungai Sebong

hutan mangrove [image source]
hutan mangrove [image source]
Sungai Sebong terletak di Kecamatan Teluk Sebong, Bintan. Sepanjang aliran sungai kamu bisa menemukan aneka spesies tanaman bakau yang dirawat dengan sangat baik. Pengelola dari kawasan ini melarang adanya pembabatan liar yang bisa menyebabkan adanya abrasi dari air laut. Di Sungai Sebong, kamu bisa melakukan tur menyusuri hutan bakau di atas speedboat. Biasanya dalam tempo 1-2 jam kamu akan diajak mengelilingi hutan. Oh ya, saat di hutan bakau selalulah waspada. Biasanya banyak fauna liar yang suka berkeliaran. Ular bakau, aneka burung, dan kera suka terlihat bersantai di atas dahan.

Bintan Mangrove [image source]
Penyedia Layanan Wisata : Bintan Mangrove Tour And Transportation

Alamat :  Sebong Lagoi, Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

Telepon :  0813-6453-7222

2. Menenangkan Pikiran di Pantai Trikora

Pantai Trikora [image source]
Pantai Trikora [image source]
Pantai Trikora terletak 45 kilometer dari pusat kota Tanjung Pinang dan sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Di pantai yang memiliki garis batas laut puluhan kilometer ini, kamu bisa menjelajahi setiap penampakan alamnya. Ada pantai yang penuh pasir putih, penuh batu, hingga dekat dengan hutan bakau. Di pantai yang berpasir, kamu bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti berenang, diving, hingga bermain layang-layang. Kalau kamu merasa lelah, sewalah pondokan kecil di pinggir pantai sembari makan kuliner olahan laut yang diolah saat masih segar.

Pantai Trikora [image source]
Nama Tempat : Pantai Trikora

Lokasi : Bakau, Gn. Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

3. Mengintip Keindahan Wihara Avalokitesvara Graha

wihara avalokitesvara graha [image source]
wihara avalokitesvara graha [image source]
Wihara Avalokitesvara Graha dikenal sebagai tempat peribadatan keturunan Tionghoa terbesar se-Asia Tenggara. Di tempat, ini para wisatawan dari banyak negara seperti Malaysia, Singapura, hingga negeri jauh seperti Tiongkok. Rata-rata wisatawan yang datang ke sini melakukan peribadatan, belajar agama, atau sekadar menikmati keindahan dari wihara. Oh ya, daya tarik dari tempat peribadatan ini adalah adanya patung Dewi Kwan Im yang memiliki tinggi hingga 16,8 meter. Patung ini terbuat daru tembaga seberat 40 ton dan juga emas 22 karat.

Vihara di Bintan [image source]
Lokasi :  Tj. Unggat, Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

4. Berburu Durian Jatuh di Sri Bintan

durian jatuh di Gunung Bintan [image source]
durian jatuh di Gunung Bintan [image source]
Desa Sri Bintan selalu bisa menarik perhatian banyak orang mulai Mei hingga Agustus. Setiap hari, puluhan pemilik kebun akan turun membawa durian-durian masak pohon yang jatuh ke tanah. Untuk masalah rasa, durian di lereng Gunung Bintan ini benar-benar legit dan manis. Untuk sampai ke kawasan ini, kamu bisa menggunakan kendaraan dari Tanjung Pinang. Waktu tempuhnya hanya 30-45 menit saja sekali jalan. Selain durian jatuh, di kawasan ini kamu bisa melakukan pendakian atau mencari air terjun yang masih alami.

Durian Bintan [image source]
Lokasi :Sri Bintan, Teluk Sebong, Kabupaten Bintan

5. Menikmati Kehidupan di Resort Unggulan

Lagoy Bay [image source]
Salah satu resort terbaik yang ada di kawasan Bintan adalah Swiss-Belhotel Lagoy Bay. Alasan mengapa memilih resort ini adalah fasilitasnya yang sangat lengkap. Di sini kamu bisa mendapatkan infinity pool yang indah untuk bersantai. Selain kolam renang, resor ini juga menyediakan rootop bar, kuliner autentik yang menggoyang lidah serta private beach yang super indah. Staycation di Swiss-Belhotel Lagoy Bay akan membuat kamu serasa di surga.

Lagoy Bay [image source]
Nama Akomodasi : Swiss-Belhotel Lagoi Bay

Phone: (0770) 692988

Lokasi :  Grand Lagoi, Jl. Gurindam Duabelas, Plot 27 & 29, Lagoi Bay, Sebong Lagoi, Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

Web : www.swissbelhotellagoibay.com/

6. Menengok Desa Senggarang dan Keunikannya

Desa Senggarang [image source]
Mengunjungi Bintan kurang afdol kalau nggak mampir ke Desa Senggarang yang berdekatan dengan Tanjung Pinang ini. Alasannya nggak lain karena desa ini menyimpan satu bangunan bersejarah yang berwujud Klenteng bernama Ang Nio. Klenteng ini diperkirakan sudah berdiri sejak tahun 1770 dan sampai saat ini masih terawat baik. Nggak hanya menarik karena usia, dari sisi bangunan tempat ini juga punya keunikan yang khas ala klenteng-klenteng tua. Oh iya, di sini juga ada beberapa diorama dan patung macam Sun Go Kong dan juga Dewi Kwan Im bertangan seribu. Desa Senggarang sendiri juga dikenal sebagai tempat bermukimnya orang-orang Tiongkok. Jadi, bisa tuh sekalian menyusuri keindahan desanya selain menikmati Ang Nio.

Desa Senggarang [image source]
Lokasi : Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

7. Menikmati Seafood Ala Desa Kawal

Sea Food [image source]
Pernah bayangkan rasanya makan seafood di rumah panggung dekat laut? Pasti enak banget ya melihat pemandangan yang ada serta hembusan angin yang sepoi melenakan itu. Apalagi juga ditambah menikmati makanan laut yang rasanya bikin nagih. Nggak perlu mengkhayal untuk bisa mendapatkan yang seperti ini, kamu bisa kok merasakan sensasi luar biasa itu dengan mengunjungi Desa Kawal yang ada di kecamatan Gunung Kijang ini. Di sini dari dulu memang sudah terkenal akan sajian seafoodnya yang luar biasa plus pemandangan indahnya. Soal harga pasti terjangkau di bikin puas. Wajib hukumnya nih untuk ke Desa Kawal ketika kamu mampir ke Bintan.

Sea Food [image source]
Lokasi : Desa Kawal, Gunung Kijang, Kabupaten Bintan

8. Menikmati Sakralnya Grotto Santa Maria

Grotto Santa Maria [Image Source]
Grotto Santa Maria [Image Source]
Destinasi selanjutnya di Bintan yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Grotto Santa Maria atau yang disebut juga dengan Gua Maria. Di tempat ini kamu akan menjumpai sebuah gua unik yang berisi patung Maria berukuran besar. Tempat satu ini memang berfungsi sebagai tempat berdoa lho yang setiap Minggu selalu dikunjungi umat Katolik setempat. Lantaran sangat unik, tempat ini pun cukup populer di kalangan wisatawan, termasuk yang dari luar negeri. Gua ini terletak di kawasan Gunung Kijang.

Grotto Santa Maria [image source]
Lokasi : Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

9. Island Hopping Menuju Pulau Penyengat

Pulau Penyengat [Image Source]
Pulau Penyengat [Image Source]
Pulau Penyengat juga bisa dibilang tujuan populer banyak orang ketika ke Bintan. Keunikan pulau ini adalah nuansanya yang begitu kental akan budaya Islam dan Melayunya. Hal tersebut bisa dilihat dari megahnya masjid Ali Raja, serta makam para sultan di Bukit Kursi. Nggak hanya itu saja di sini kita bisa menjumpai Istana Kantor yang jadi tempat tinggal para sultan di masa lalu. Bangunannya unik dengan desain ala Eropa dipadu dengan Melayu. Pulau penyengat terletak cukup dekat dengan Tanjungpinang dan bisa dijangkau dengan perahu hanya dalam 15 menit.

Pulau Penyengat [image source]
Lokasi : Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

10. Berpesta Kuliner di Akau Potong Lembu

Akau Potong Lembu [Image Source]
Akau Potong Lembu [Image Source]
Akau Potong Lembu ini bisa dibilang food court-nya Bintan di mana kamu akan menemui begitu banyak stand makanan sejauh mata memandang. Soal makanan, Akau Potong Lembu ini adalah surga karena kamu bakal dipuaskan oleh begitu banyak jenis kuliner. Mulai dari snack-snack lazim sampai seafood. Soal harga kita nggak perlu khawatir karena rata-rata dipatok cukup murah. Akau Potong Lembu biasanya buka sampai malam, tapi meskipun begitu kamu harus datang lebih awal. Telat sedikit bisa nggak kebagian tempat duduk. Akau Potong Lembu bisa kamu jumpai di Tanjungpinang.

Akau Potong Lembu [image source]
Lokasi : Kemboja, Tanjungpinang Barat, Tanjung Pinang

11. Danau Biru

Danau Biru [image source]
pertambangan saat masih beroperasi mungkin jauh dari kata indah dan tidak cocok untuk tempat wisata. Namun siapa sangka, setelah lama ditinggal dan tidak lagi digunakan, proses alam justru mengubahnya menjadi sebuah lokasi keren. hal seperti ini terjadi pada wisata Danau Biru di Bintan. Sebelum banyak dikunjungi wisatawan seperti sekarang, yang datang adalah para penambang.

Danau Biru [image source]
Area Danau Biru semula adalah cekungan, namu setelag terus-terusan terisi air, ahirnya menjadi danau berair biru. Saat ke Belitung, kamu wajib mampir ke tempat ini. Ajak juga sahabat-sahabatmu. kamu bisa bersantai bersama menikmati pemandangan yang ada.

 

Lokasi : Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

Tempat wisata Bintan bolehlah dibilang surga, di mana kita bisa mendapatkan apa pun kesenangan yang diinginkan. Mulai dari pantai indah menawan, situs religi dan sejarah, sampai pasar kuliner yang benar-benar memanjakan lidah. Untungnya tempat seindah ini ada di Indonesia, sehingga kita bisa mudah kalau sewaktu-waktu mau ke sana. Jadi, kapan nih mau mampir ke sini? Next