Deretan Air Terjun di Belitung, Jadi Malas Pulang Deh

Jangan menghakimi Bangka Belitung hanya dengan wisata pantainya saja. Karena pegunungan dengan alamnya yang mempesona juga menyumbang serpihan-serpihan keindahan di Tanah Laskar Pelangi itu. Bahari yang cantik dengan aneka terumbu karang serta biota laut, ditambah pantai berbatu granit besar memang susah dilupakan, bisa dipastikan juga membuat kita gagal move on dari rasa kangen dengan pesona Belitung. Namun ternyata itu belum semuanya, karena jauh di pedalaman pegunungan ada air terjun super keren dengan kesegaran alami dan udara sejuk berhembus setiap waktu.

Belum lagi kicauan burung-burung dan goyangan ranting serta daun pohon yang menghasilkan paduan suara alam bak di surga yang menenangkan. Beberapa memang jarang dikunjungi karena masih tersembunyi, fasilitasnya juga seadanya. Bahkan kamu harus melakukan perjalanan yang mungkin melelahkan. Ada yang jauh atau dekat, namun ketika sudah di depan air terjun semua keluhanmu akan sirna karena keindahan. Seperti apa pesona air terjun di Belitung? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Air Terjun Kepala Kawai

Air Terjun Kepala Kawai [image source]
Air terjun ini semakin melengkapi keindahan Belitung karena memiliki aliran yang tidak terlalu deras dan mengalir melewati tebing yang cukup lebar. Karena permukaannya tidak rata, maka air jatuh langsung menghantam ke dasarnya, tapi melewati bebatuan hingga membuat penampilannya jadi air terjun bertingkat. Tempat wisata ini ada di Dusun Aik Nangka, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong dengan ketinggian sekitar 15 meter.

2. Air Terjun Marsila

Air Terjun Marsila [image source]
Perlu kamu ketahui bahwa Marsila diambil dari nama pemilik tempat wisata ini karena dikelola secara pribadi oleh salah satu warga Belitung. Salah satu yang jadi daya tarik tempat ini adalah kejernihan airnya serta tebing batu dengan air terjun menyerupai tirai putih. Untuk sampai di sini, kamu harus melakukan perjalanan menuju daerah Bentaian, Dendang, Belitung. Jika berangkat dari Tanjung Pandan cukup menempuh perjalanan selama 30 menit. Saat siang hari, tempat ini cocok digunakan untuk berendam dan menikmati kesegaran.

3. Air Terjun Gurok Beraye

Air Terjun Gurok Beraye [image source]
Karena posisinya yang berada di Lereng Pegunungan, maka untuk menuju ke air terjun Gurok Beraye membutuhkan tenaga yang ekstra, Kamu harus menempuh jalur setapak dan melewati hutan yang rindang dan berudara sejuk. Secara administratif kawasan wisata ini masuk dalam wilayah Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botot, Kecamatan Badau. Kamu bisa berangkat dari Tanjung Pandan menuju arah timur dengan menempuh jalur sejauh 32 km. Kamu bisa menikmati air yang mengalir dari sela-sela bebatuan. Mata airnya berasal dari Gunung Tajam.

4. Air Terjun Gurok Pakuk

Air Terjun Gurok Pakuk
Air Terjun Gurok Pakuk [image source]
Di sisi lain kawasan wisata Gunung Tajam juga ada air terjun yang belum terlalu dikenal yaitu Gurok Pakuk. Tingginya tidak sampai 7 meter dengan lebar tebing mencapai beberapa meter. Lingkungan sekitarnya masih asri dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata andalan di Belitung. Kamu bisa menyempatkan untuk mampir ke tempat ini sewaktu mengunjungi Gurok Beraye karena letaknya tidak begitu jauh. Kamu yang suka dengan petualangan akan betah menjelajah di sekitar air terjun ini.

5. Air Terjun Gunung Kubing

Air terjun Gunung Kubing [image source]
Air Terjun Gunung Kubing adalah pelengkap keindahan wisata puncak bukit yang menyuguhkan pemandangan hijau tanah Belitung yang mempesona. Posisinya ada di Desa Perpat Kecamatan Membalong. Kamu bisa mendaki hingga ke puncak bukit untuk melihat bebatuan berjajar dan di salah satu sudut terdapat guyuran air yang keluar dari perut bumi. Bisanya para pengunjung akan berdendam di salah satu kolam batu alami di tempat ini, kamu juga harus mencobanya. Sayangnya, fasilitas untuk memudahkan para wisatawan masih belum memadai. Mulai dari tempat istirahat hingga akses jalan yang masih rusak di sana-sini.

6. Air Terjun Desa Dalil

Dari Belitung kita melipir ke kabupaten tetangganya yaitu Bangka. Di Pulau ini juga terdapat beberapa air terjun yang nggak kalah cantik. Misalnya saja yang ada di Desa Dalik, Kecamatan Bakam. Meski lokasinya masih tersembunyi, namun kamu tetap bisa menemukannya dengan mudah. Dari Kota Pangkal Pinang, wisata ini berjarak 30 menit perjalanan dan masuk dalam kawasan Hutan Mambang. Tentu saja jalur setapak melewati belantara menunggu untuk kamu lalui.

7. Air Terjun Bukit Maras

Pemandangan Dari Bukit Maras [image source]
Air terjun ini juga bisa dicapai dari Desa Dalil Kecamatan Bakam. Namun dengan jalur tracking yang nggak kalah menantang. Jika tidak ingin berjalan terlalu jauh, kamu bisa diantar oleh dengan mengendarai sepeda motor milik penduduk setempat melewati hutan sawit selama 20 menit. Dari lokasi parkir terakhir, masih harus berjalan kaki selama 20 menit lagi. Perjalanan panjang namun sebanding dengan keindahan yang akan kamu dapatkan. Jika dilihat dari jauh, air terjun ini memiliki tiga tingkatan. Bagian dasarnya cukup dalam untuk bermain air dan berenang.

Itulah beberapa air terjun di Bangka dan Belitung yang ternyata sangat eksotis, melengkapi deretan ikon wisata pantai yang jadi andalan. Jangan sampai kamu melewatkannya ya! Next