Aek Sabaon, Magnet Wisata Baru dari Tapanuli Selatan

Setiap bagian dari Indonesia memiliki perannya masing-masing dalam menarik wisatawan terutama dari mancanegara. Di timur punya Raja Ampat, mengarah ke tengah ada Bali sebagai destinasi bahari. Beda lagi dengan Sumatera yang populer karena kuliner serta wisata pegunungannya. Kali ini Travelingyuk akan membahas tentang andalan baru Sumatera Utara yaitu Aek Sabaon. Berikut ulasan selengkapnya.

Letak objek wisata ini ada di Tapanuli Selatan, menyuguhkan keindahan alam dengan sagala fasilitas menakjubkan.

Aek Sabaon [image source]

Daya Tarik utama ada pada hamparan danau yang luas dan jernih. Di sekelilingnya terdapat fasilitas untuk bersantai seperti bangku taman dan peristirahatan.

Aek Sabaon [image source]

Sekilas mirip dengan Swiss. Bagaimana tidak, sejauh mata memandang kamu akan melihat gagahnya pegunungan. Hijaunya pepohonan juga menjadi hiburan mata yang memanjakan.

Aek Sabaon [image source]

Untuk masuk ke area ini, cukup menyediakan sekitar Rp10.000,00. Harga yang murah untuk keindahan yang akan kamu dapatkan.

Aek Sabaon [image source]

Rumah-rumah tempat istirahat dibangun langsung menghadap danau. Membuat kamu bisa melihat jelas ikan warna-warni dan menghirup udara segar.

Aek Sabaon [image source]

Hingga saat ini Aek Sabaon masih dalam proses pembangunan. Nantinya akan ada fasilitas tambahan yang lebih keren. Jadi para pengunjung akan lebih nyaman dan betah berlama-lama di sini.

Aek Sabaon [image source]

Di salah satu sudut, terdapat bangunan basar dengan arsitektur khas. Kamu bisa mendatanginya untuk berdamai dengan perut yang kelaparan. Ya, tempat ini difungsikan sebafai kafe dengan menu kuliner enak.

Aek Sabaon [image source]

Akses menuju ke sini bisa ditempuh dari Medan kemudian menuju Bandara Aek Godang dengan pesawat. Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan darat selama 2,5 jam.

Aek Sabaon [image source]

Memang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, agar lebih menyenangkan kamu bisa mampir ke beberapa wisata di Sibolga seperti Air Terjun Sihobuk.

Air Terjun Sihobuk [image source]

Jangan lupa juga mencicipi kuliner enak dan khas di Padang Sidempuan seperti olahan lontongya. Dari Aek Sabaon kamu cukup berkendara selama 1,5 jam. Jika liburan dan kuliner bisa dilakukan, kenikmatan mana lagi yang kamu dustakan?

Ilustrasi Lontong Padang Sidempuan [image source]
Lokasi : Aek Sabaon Julu, Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara

Objek wisata Tapanuli Selatan dan daerah lain di sekitarnya memang mengagumkan. Terbukti dengan adanya Aek Sabaon. Terlepas dari kabar miring yang mengatakan bahwa pendirian wisata ini telah merusak hutan, Aek Sabaon diharapkan bisa menyumbang manfaat baik untuk wisatawan maupun penduduk setempat tanpa mengorbankan lingkungan. Next