8 Tempat Wisata Tangerang, Liburan Asik Untuk Akhir Pekan

Advertisement

Tangerang adalah nama sebuah kabupaten yang terletak di barat ibukota Jakarta dan masuk di dalam provinsi Banten. Sebelum terjadinya pemekaran wilayah, kabupaten ini mencakup kawasan Kota Tangerang sebagai ibukota dan juga kota Tangerang Selatan.

Kini kabupaten Tangerang beribu kota di kecamatan Tigaraksa. Dibanding dua wilayah pemekarannya, daerah induk ini mempunyai wilayah yang lebih luas serta punya batas laut di utara Jawa. Dari daerah ini pula wisatawan bisa menyeberang ke Kepulauan Seribu selain dari Ancol dan Muara Angke di Jakarta. Lantas tempat wisata apa saja yang bisa dikunjungi wisatawan di kabupaten Tangerang. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Pulau Cangkir, Destinasi Wisata Bahari, Sejarah dan Ziarah

Pulau cangkir wajib kamu kunjungi saat liburan di kabupaten Tangerang. Tempat ini menggabungkan antara pengalaman wisata bahari, sejarah dan juga ziarah. Di pulau kecil seluar 2,5 hektar ini terdapat makam dari Pangeran Jaga Lautan yang diyakini warga sebagai penyebar agama Islam di wilayah tersebut.

Pulau Cangkir, via instagram
Pulau Cangkir, via instagram

Pulau Cangkir terletak di desa Kronjo, kecamatan Kronjo, kabupaten Tangerang. Mereka yang berkunjung ke pulau ini kebanyakan menyempatkan diri untuk berziarah sekalian. Sebelum tahun 1995 Pulau Cangkir terpisah dari daratan utama Pulau Jawa. Namun dengan usaha swadaya masyarakat sekitar kemudian dibangunlah jalan penghubung darat menuju ke pulau ini untuk memudahkan akses pengunjung yang hendak berziarah.

2. Tanjung Burung, Tempat Wisata Pantai Dengan Kehidupan Warga yang Damai

Tanjung Burung adalah nama sebuah desa yang terletak di kecamatan Teluk Naga, kabupaten Tangerang. Desa ini berada di pesisir pantai utara Jawa sehingga di dalamnya juga terdapat sebuah kawasan pantai dengan nama yang sama dengan nama desa tersebut. Kawasan Tanjung Burung dikenal sebagai tempat galangan kapal fiberglass dan juga peternakan sapi terbesar di Tangerang.

Tanjung Burung, via instagram
Tanjung Burung, via instagram

Singgahlah ke desa Tanjung Burung dan bermain air di pantainya. Setelah itu berkeliling desa untuk melihat proses pembuatan kapal dari fiberglass serta melihat peternakan sapi. Kabarnya di desa ini juga terdapat penampungan air (gentong) yang terbuat dari fiberglass dengan ukuran raksasa. Bahkan Museum Rekor Indonesia telah mencatatnya sebagai gentong terbesar di Indonesia. Coba temukan lokasinya.

3. Tanjung Kait, Tujuan Mantai dan Kuliner di Tangerang

Mantai sambil kulineran di tangerang bisa dilakukan traveler dengan mengunjungi Pantai Tanjung Kait. Pantai yang terletak di kecamatan Mauk berjarak sekitar 29 kilometer dari pusat kota ini bukan hanya menawarkan pengalaman rekreasi bahari namun juga kuliner seafood di kampung nelayan yang diisi penuh dengan pondok-pondok makan.

Pantai Tanjung Kait, via instagram
Pantai Tanjung Kait, via instagram

Keberadaan desa nelayan di Pantai Tanjung Kait ini memberikan keunikan sendiri bagi pantai ini dibanding dengan pantai-pantai lainnya. Wisatawan yang berkunjung diberikan banyak pilihan pondok makan yang memanfaatkan rumah panggung dengan panorama menghadap laut dilengkapi dengan aneka sajian seafood lezat yang menggugah selera. Bukan hanya itu saja, mayoritas menu yang dijual di warung-warung makan di Pantai Tanjung Kait ini lumayan murah.

4. Telaga Biru Cigaru, Tempat Hits Untuk Foto

Traveler Tangerang punya satu tambahan perbendaharaan tujuan wisata berupa Telaga Biru. Telaga ini sebelumnya adalah kawasan tambang galian pasir yang saat musim hujan tergenang oleh air menjadi sebuah telaga. Awalnya tidak ada yang peduli dengan keberadaan telaga tersebut hingga pada suatu ketika di musim kemarau ada warga yang melihat jika warna air telaga berubah-ubah warnanya.

Telaga Biru Cigaru, via instagram
Telaga Biru Cigaru, via instagram

Sejak akhir tahun lalu Telaga Biru Cigaru ini ramai dikunjungi wisatawan baik dari daerah Tangerang hingga Serang. Mereka datang lantaran penasaran dengan telaga yang katanya bisa berubah warna. Dalam sehari telaga ini bisa berubah warna menjadi hijau, bening dan biru. Sontak Telaga Biru yang terletak di kampung Cigaru, desa Cisoka, kecamatan Cisoka, kabupaten Tangerang ini menjadi jujugan traveler untuk rekreasi.

5. Pantai Tanjung Pasir, Pilihan Menarik Berwisata Bareng Keluarga

Pariwisata kabupaten Tangerang berpusat di pesisir utara Jawa. Di sana banyak sekali tempat wisata asyik untuk liburan bareng keluarga. Pantai-pantai utara Tangerang menawarkan spot berlibur yang menyenangkan apalagi dari sana traveler juga bisa menyewa perahu untuk sekedar keliling pantai atau menyeberang ke Kepulauan Seribu dengan tarif yang relatif lebih murah ketimbang berangkat dari pelabuhan di Jakarta.

Pantai Tanjung Pasir, via instagram
Pantai Tanjung Pasir, via instagram

Salah satu yang bisa dikunjungi sekaligus menjadi destinasi wisata favorit warga Tangerang adalah Pantai Tanjung Pasir yang terletak di kecamatan Teluk Naga. Jarak pantai ini hanya sekitar 25 kilometer dari pusat kota. Ombak yang landai memungkinkan wisatawan puas bermain air tanpa khawatir terseret arus.

6. World of Wonders Citra Raya, Wisata Edukasi yang Wajid Disinggahi

Traveler punya anak atau adik yang masih duduk di bangku sekolah? Kalau begitu ajak mereka liburan ke kabupaten Tangerang dan kunjungi World of Wonders Citra Raya yang terletak di Cikupa. Di sini mereka bisa bermain sambil belajar mengenal landmark dunia yang paling terkenal.

World of Wonders Citra Raya, via instagram
World of Wonders Citra Raya, via instagram

World of Wonders Citra Raya menyuguhkan aneka replika keajaiban dunia seperti Candi Borobudur, Piramida Mesir, Tembok Besar Cina, Menara Miring Pisa, Colosseum Roma, hingga Stonehenge Inggris. Bukan hanya itu di dalam theme park ini juga tersedia banyak pilihan wahana bermain yang menyenangkan.

7. Taman Buaya Tanjung Pasir, Ada Wisata Kuliner Ekstrim di Tempat Ini

Taman Buaya Tanjung pasir cukup terkenal sebagai salah satu tujuan wisata di Kabupaten Tangerang. Lokasi tempat ini berada di Jalan Raya Tanjung Pasir dan cukup mudah untuk diakses. Wisatawan akan diajak untuk melihat langsung kehidupan reptil buas di dalam penangkaran.

Taman Buaya Tanjung Pasir punya lingkungan yang teduh jadi traveler tidak perlu khawatir kepanasan saat berkunjung ke lokasi di siang bolong. Di samping melihat buaya-buaya di penangkaran, traveler yang berkunjung juga bisa berburu suvenir berupa kerajinan kulit buaya. Atau jika berminat ada pula warung makan yang menjual kuliner ekstrim berupa sate buaya.

8. Water World Citra Raya, Wahana Bermain Air di Tangerang

Water World Citra Raya hadir sebagai water park modern di kabupaten Tangerang. Tempat ini sangat cocok dikunjungi terutama di hari yang panas untuk sekedar ngadem dan berendam di kolam-kolam bertema yang keren punya. Taman bermain air ini terletak di tengah pemukiman terbesar di Cikupa, Tangerang Barat.

Water World Citra Raya, via instagram
Water World Citra Raya, via instagram

Water World Citra Raya sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Banyak sekali pilihan wahana bermain air yang tersedia di tempat ini. Pengunjung tidak akan menyesal telah berkunjung ke taman bermain air terkeren di Kabupaten Tangerang ini. Apalagi lokasinya tidak terlalu jauh dari World of Wonders Citra Raya.

Lokasinya yang bertetanggaan dengan Kota Tangerang dan juga Tangerang Selatan membuat tempat-tempat wisata di kabupaten ini sangat mungkin berada di perbatasan dua wilayah yang membuatnya masuk baik sebagai daftar tempat wisata di masing-masing daerah yang bertetanggaan tersebut. Nah, untuk traveler Tangerang yang punya rekomendasi lain tempat berlibur di kotamu, ayo share lewat kolom komentar.

Advertisement
Tags
Banten Indonesia pantai pulau tanggerang Tanjung Burung Telaga
Share