4 Travel Hack Cerdas yang Bikin Perjalanan Anda Super Nyaman

Advertisement

Ada banyak hal yang perlu disiapkan saat menempuh perjalanan liburan, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Sayangnya, kadang masih saja ada kesalahan dan kerepotan di perjalanan meski Anda sudah melakukan persiapan dengan matang. Hal ini tentu saja akan mengganggu kenyamanan dan kesenangan liburan jadi berkurang.

Nah, ada beberapa travel hack cerdas yang bisa Anda terapkan untuk mewujudkan perjalanan yang super nyaman. Ini dia!

Gulung pakaian dan letakkan toiletries di bagian teratas

Tentu Anda tak punya waktu untuk menyeterika baju-baju sesampainya di tempat tujuan. Untuk menjaga pakaian bebas kusut, lipat dan gulung dengan rapi kemudian masukkan ke dalam koper. Selain lebih rapi, hal ini juga membuat Anda bisa menghemat ruang di dalam koper dan memasukkan lebih banyak barang.

Packing
Packing [Image Source]
Pastikan juga untuk menyimpan toiletries seperti tisu dan sabun di bagian teratas koper atau tas. Saat sewaktu-waktu Anda ingin buang air atau cuci muka di perjalanan, tak perlu membongkar seluruh isi koper. Anda juga akan terhindar dari belanja berlebih karena harus membeliu risu dan sabun.

Scan seluruh dokumen penting

Meski Anda sudah menyimpan berbagai dokumen penting di tempat yang aman, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga dan waspada. Scan semua dokumen penting seperti visa, paspor, kartu identias, bukti menginap, atau tiket kendaraan dan simpan di dalam gadget Anda. saat sewaktu-waktu terjadi kehilangan, Anda akan lebih mudah memproses segalanya.

Paspor
Paspor[Image Source]
Pastikan juga Anda mengecek fasilitas kartu kredit dan debit. Tanyakan pada pihak hotel, apakah kartu tersebut bisa diakses di negara tujuan. Tentu akan sangat merepotkan jika Anda tidak bisa menggunakan kartu untuk bertransaksi.

Tandai bawaan dengan tulisan fragile

Meski koper dan tas Anda cuma berisi pakaian dan perlengkapan lain, tak ada salahnya menempel kertas bertulisan fragile di bagian atasnya. Hal ini membuat pihak bandara atau siapapun yang mengangkat koper Anda akan lebih berhati-hati. Bonusnya, koper dengan label fragile akan ditaruh di bagian teratas sehingga Anda tak perlu mengantre lama untuk mengambil bawaan setelah turun dari pesawat.

Koper
Koper [Image Source]
Tips kecil yang tampak sepele tapi tak boleh Anda lupakan, bawa selalu bolpoin di tas jinjing atau saku baju. Anda tidak tahu kapan harus mengisi data-data penting selepas mendarat dan tiba di bandara. Akan butuh waktu lama kalau Anda harus mengantre bolpoin yang disediakan pihak bandara.

Belanja camilan sebelum masuk hotel

Setelah perjalanan panjang, Anda pasti akan merasa lapar. Padahal, bisa jadi Anda masih bingung menemukan lokasi restoran yang bisa dituju. Solusinya, belilah berbagai camilan dan air mineral sebelum check in hotel. Hal ini akan membuat Anda bisa makan tepat waktu dan tak perlu membeli snack di hotel yang harganya bisa berkali-kali lipat.

Camilan
Camilan [Image Source]
Setelah itu, pastikan Anda menghindari restoran fast food karena harganya jauh lebih mahal. Pilih bersantap di restoran-restoran lokal yang dikelola penduduk setempat. Dengan harga jauh lebih murah, Anda akan memperoleh makanan yang tak kalah lezatnya dengan restoran fast food.

Satu hal penting yang harus Anda ingat saat tiba kembali di rumah setelah selesai berlibur. Segera bongkar barang bawaan dan masukkan baju kotor ke cucian. Jika menunda aktivitas ini, Anda akan semakin malas untuk melakukannya.

Advertisement
Tags
tips traveling travel hack traveling nyaman
Share