10 Pilihan Objek Wisata Untuk Mantai di Lombok Tengah

Traveling ke Lombok memang terasa kurang lengkap tanpa mantai. Hampir sama seperti Bali, Pulau Seribu Masjid ini juga mengandalkan pantai sebagai magnet utama untuk menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. umumnya wisatawan memilih untuk menikmati pantai-pantai di Lombok Barat dan Utara yang punya ombak relatif lebih landai. Tapi tidak ada salahnya menilik pantai-pantai di selatan yang indahnya aduhai.

Pantai selatan Lombok paling banyak dijumpai di kabupaten Lombok Tengah. Banyak sekali pantai di sana mulai yang asyik untuk berjemur, snorkeling hingga surfing. Dikumpulkan Travelingyuk, inilah 10 wisata pantai di Lombok Tengah yang telah menunggu untuk dikunjungi.

1. Pantai Kuta Lombok, Saingannya Kuta Bali

Kabupaten Lombok Tengah memiliki pantai yang namanya sama persis dengan pantai yang populer di Bali yaitu Kuta. Karakter kedua pantai tersebut juga mirip-mirip punya garis pantai yang panjang serta sering digunakan untuk berjemur. Lokasinya pun mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan raya dan tak ketinggalan pula telah ada akomodasi hotel berbintang di sekitaran pantai.

A post shared by MALOPI Beads Art (@malopibeads) on

Hal yang membedakan Kuta Bali dengan Lombok terletak pada pasir pantainya. Kuta Lombok memiliki pasir putih yang bersih sehingga sebagian traveler lebih suka dengan Kuta Lombok ini sebagai tujuan traveling. Pada hari libur pantai ini akan dibanjiri oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

2. Pantai Seger, Perpaduan Keindahan Alam dan Kentalnya Budaya Lokal

Masih berada di kawasan desa Kuta, kecamatan Pujut sebuah pantai lain yang sayang traveler lewatkan yaitu Pantai Seger. Pantai ini mulai naik daun berkat penyelenggaraan sebuah tradisi tahunan bernama Bau Nyale. Saat itu warga Lombok akan datang ke pantai untuk menangkap nyale yang dalam bahasa setempat mempunyai arti cacing laut.

Setiap perayaan tradisi Bau Nyale pantai Seger akan penuh sesak oleh pengunjung. Pada hari biasa pantai ini tetap mempesona dengan fenomena matahari terbenam dan alam bawah laut yang masih terjaga. Tak sedikit traveler yang datang untuk snorkelingan di pantai ini.

3. Pantai Tanjung Aan, Pantai dengan Pasir yang Unik

Lombok Tengah punya pantai unik dimana pasirnya tidak berupa butiran halus melainkan butiran bulat menyerupai merica. Pantai yang dimaksud adalah Pantai Tanjung Aan. Pantai ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer ke arah timur dari pantai Kuta.

Pantai Tanjung Aan punya garis pantai yang panjang dan mungkin yang terpanjang di Lombok. Saking panjangnya warga setempat membaginya menjadi tiga kawasan dengan nama berbeda antara lain pantai Cemara, pantai Batu Kotak, dan pantai Orong Pandan. Pantai Tanjung Aan juga memiliki julukan lain sebagai pantai pasir merica lantaran salah satu sudut pantai ini memiliki pasir berbentuk bulat seperti merica.

4. Pantai Batu Payung, Tenar Karena Iklan

Sebelumnya tidak banyak yang mengenal Pantai Batu Payung padahal pantai ini jaraknya sangat dekat dengan Tanjung Aan. Namun setelah beberapa tahun lalu sebuah produk rokok menggunakan pantai ini sebagai latar belakang syuting iklan, barulah traveler nyadar jika ternyata ada pantai keren seperti itu di Lombok Tengah.

Dinamakan Batu Payung lantaran ada sebuah batu karang yang berbentuk seperti payung yang sedang tertutup. Meskipun jika dilihat dari dekat batu ini punya bentuk melebar yang tidak mirip dengan payung sama sekali. Untuk mengakses pantai ini bisa dilakukan dengan dua cara. Cara pertama yang simpel adalah dengan menyewa perahu sedangkan cara kedua bisa menyusuri bukit di ujung pantai Tanjung Aan dengan medan yang menantang.

5. Pantai Selong Belanak, Bisa Surfing dan Snorkeling di Satu Lokasi

Pantai berikutnya adalah Pantai Selong Belanak. Pantai ini cukup menarik untuk dikunjungi dan namanya pun cukup terkenal di Lombok. Keunikan pantai Selong Belanak terletak pada karakteristik pantainya yang ternyata cukup bersahabat untuk bermain air seperti snorkeling hingga surfing. Letak pantai ini berada di desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat yang berjarak 2 jam perjalanan dari kota Mataram.

A post shared by Lina (@liifong) on

Pantai Selong Belanak terletak di pesisir selatan pulau Lombok yang artinya pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia yang terkenal memiliki ombak tinggi. Untuk itu pantai ini menjadi salah satu tujuan traveler untuk berselancar. Namun di salah satu sudut pantai ini memiliki ombak yang landai lantaran tertutup oleh bukit, di spot itulah traveler yang tidak bisa berselancar melakukan kegiatan air lainnya semisal berenang dan snorkeling.

6. Pantai Mawun, Alternatif Menyepi Dari Ramainya Wisatawan

Nama Pantai Selong Belanak sudah cukup terkenal sehingga setiap hari libur kawasan pantai akan dibanjiri oleh wisatawan dari seluruh penjuru negeri. Jika kamu termasuk traveler yang kurang nyaman dengan keramaian, ada pantai lain di dekat Selong Belanak yang juga indah namun relatif sepi pengunjung.

A post shared by Alfa Sinatra (@alfasinatra) on

Adalah Pantai Mawun, pantai ini hanya berjarak sekitar 10 menit perjalanan dari Pantai Selong Belanak. Pantainya berpasir putih dengan dua bukit yang mengapit di kanan dan kiri. Air lautnya terlihat sangat tenang dan membuat traveler kepincut untuk menyebur tapi jangan terkecoh dengan suasana tenang pantai ini sebab pantai Mawun juga berada di selatan pulau Lombok yang kadang-kadang tanpa terduga ombak besar bisa tercipta.

7. Pantai Merese, Pantai yang Sedang Naik Daun di Lombok

Mulai populernya kawasan Bukit Merese di Lombok Tengah turut mengangkat nama Pantai Merese sebagai salah satu pantai yang tengah hits di sana. Bukit Merese sendiri letaknya berada di ujung Tanjung Aan dimana dari atasnya traveler bisa menyaksikan matahari terbit yang indah dengan latar belakang pantai Aan yang kece.

A post shared by Made Suartha (@suarthamade) on

Nah letak Pantai Merese ini berada tepat di kaki bukit ini. Ukurannya tidak luas namun cukup nyaman untuk rekreasi. Kegiatan utama yang sering dilakukan wisatawan di pantai ini adalah berjemur. Pantainya cukup privat sehingga memberikan kenyamanan yang lebih saat berjemur di sekitaran pantai tanpa risih diperhatikan banyak orang.

8. Pantai Tunak, Satu Pantai Segudang Aksi

Pantai Tunak bisa dibilang sebagai pantai yang menyuguhkan pemandangan alam terlengkap di Lombok. Pantai ini terletak di area Taman Wisata Alam Gunung Tunak sehingga bukan hanya pantai saja yang bisa traveler nikmati di pantai ini.

Selain tentunya ombak dan pasir traveler juga bisa menikmati gugusan karang dan perbukitan hijau di sekitar pantai. Ditambah lagi adanya hutan yang dihuni flora dan fauna daerah tropis kian mempercantik tampilan pantai Tunak. Tentu saja pantai ini masih sepi dari pengunjung sehingga cocok buat kamu yang suka dengan suasana alami.

9. Pantai Semeti, Pantai dengan Lanskap yang Seperti Planet Lain

Pantai Semeti terletak di desa Prabu, kecamatan Pujut, kabupaten Lombok Tengah dan menjadi salah satu pantai pendatang baru yang ngehits setahun belakangan ini. Pantai yang memiliki karakteristik berupa batuan karang runcing ini sebenarnya cukup mudah ditemui karena letaknya berada di dekat pantai Selong Belanak dan pantai Mawun.

Salah satu alasan mengapa pantai Semeti terbilang telat populer lantaran medan jalan menuju ke lokasi masih sulit dalam kondisi yang belum di aspal. Pantai ini punya pasir putih yang berpadu dengan gugusan karang runcing layaknya di planet lain. Pantai ini menjadi salah satu spot sunset dan hunting foto favorit wisatawan.

10. Pantai Gerupuk, Pantai Favorit Para Peselancar

Khusus buat peselancar kurang afdol liburan ke Lombok Tengah tanpa menjajal ombak pantai Gerupuk. Pantai ini memang pantainya peselancar. Lokasinya berada di desa Gerupuk, Lombok Tengah.

Pantai Gerupuk punya lima spot surfing dengan tingkatan yang berbeda. Sehingga bukan hanya peselancar mahir saja yang bisa menikmati sensasi surfing di pantai ini namun para pemula juga bisa. Waktu paling pas untuk berkunjung adalah pada rentang bulan Oktober hingga April, ombak di pantai Gerupuk sedang oke-okenya.

Sepuluh pantai ini adalah jumlah sebagian pantai yang dimiliki Lombok Tengah yang sudah cukup populer di kalangan traveler. Travelingyuk yakin masih ada pantai-pantai eksotis lainnya yang tersembunyi di wilayah ini. Jika kamu punya rekomendasi bisa menuliskannya di kolom komentar.

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *